Mau Diakusisi Yahoo, Pengguna Tumblr Pindah ke WordPress?

Tumblr WordPress
Tumblr WordPress

Jakarta – Kabar tentang rencana diakuisisinya Tumblr oleh Yahoo ternyata mendapat respon beragam dari pengguna layanan blogging yang berbasis di New York tersebut. Ya, ada sebagian kecil pengguna Tumblr yang dikabarkan ‘minggat’ ke WordPress setelah mendengar rencana akuisisi senilai USD 1,1 miliar kemarin.

Pendiri WordPress Matt Mullenweg kemarin malam memposting sebuah blog yang mengatakan bahwa websitenya mengalami lonjakan jumlah import konten dari Tumblr ke WordPress ketika Yahoo mengkonfirmasi rencana akuisisi tersebut.

Jika pada hari biasa jumlah import konten berkisar antara 400-600 postingan, dalam kurun waktu 1 jam sewaktu pengumuman tersebut, WordPress mencatat adanya import postingan sebanyak 72.000.

Hal seperti ini sebenarnya bukan yang pertama terjadi. Sebelumnya, sejumlah pengguna Posterous juga beramai-ramai hijrah, ketika Twitter mengakuisisi Posterous. Kemudian sejumlah pengguna Instagram juga mengancam akan ‘angkat kaki’ dari layanan foto sharing itu ketika mengetahui Instagram diakuisisi oleh Facebook.

Namun sebenarnya jumlah pengguna yang pindah tersebut tidak signifikan. Tumblr menyebutkan bahwa setiap harinya ada 75 juta postingan di website mereka. Jadi jumlah 72.000 tidak akan terlalu signifikan.

Seperti dilansir AllThingsD, Senin (20/5),  Mullenberg meyakini bahwa nilai akuisisi tersebut terbilang murah bagi Yahoo, karena Tumblr memiliki potensi untuk mencapai nilai 10x lipat dari nilai akuisisi tersebut dalam beberapa tahun mendatang. Mullenberg juga meyakini bahwa tidak akan ada eksodus besar-besaran dari Tumblr, karena

“Perilaku yang telah menjadi kebiasaan bagi mayoritas pengguna akan cenderung lebih dominan daripada kemarahan sesaat di internet,” katanya.

Kalaupun 1 juta orang pengguna memutuskan untuk menonaktifkan akun Tumblr mereka, jumlah tersebut tidak akan berdampak terlalu besar pada basis pengguna Tumblr yang sangat besar.[HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0