Masih Merugi, Sony Jual Gedungnya di Jepang

Gedung Kantor Sony di Jepang
Gedung Kantor Sony di Jepang

Jakarta – Raksasa elektronik asal Jepang, Sony kembali harus melepas aset propertinya, Gedung Sony City Osaka di Osaka Jepang. Gedung yang digunakan divisi televisi itu dijual dengan harga USD 1,2 miliar atau sekitar Rp 10 triliun.

Gedung pencakar langit bekas kantor Sony di Osaka tersebut dibeli oleh perusahaan holding Jepang yang tidak disebutkan namanya. Walaupun telah menjual gedung kantornya tersebut, namun Sony masih tetap bisa menempatinya selama 5 tahun dengan status sebagai penyewa.

Pihak Sony menyebutkan, penjualan gedung ini merupakan salah satu bagian dari rencana reorganisasi untuk mentransformasi portofolio bisnisnya.

Reorganisasi aset yang dilakukan Sony dimaksudkan untuk memperkuat struktur korporasinya. Demikian yang dikutip telsetNews dari Mashable, Jumat (1/3).

Sebelumnya, Sony juga telah menjual salah satu aset gedungnya di Manhattan, Amerika Serikat. Dari penjualan gedung tersebut, Sony mengantongi uang senilai USD 1,1 miliar atau sekitar Rp 10 triliun.

Pabrikan perangkat elektronik ini sejak tahun lalu belum bisa bangkit dari keterpurukan. Sony dilaporkan menanggung kerugian sebesar 10,8 miliar Yen (USD 115 juta) pada Oktober-Desember 2012.

Kerugian karena ketatnya persaingan dengan Apple Inc dan Samsung Eletronics Co, serta melemahnya permintaan televisi (TV). Ini adalah kerugian yang terjadi berturut-turut sepanjang delapan kuartal terakhir.

Kerugian terbesar berasal dari divisi elektronik rumah tangga seperti TV, sebesar 8 miliar Yen. Selama setahun, manajemen memperkirakan, total kerugian di bisnis TV mencapai 80 miliar Yen.

Manajemen juga menurunkan target penjualan selama satu tahun masa kerja. Target penjualan TV berkurang dari 14,5 juta unit menjadi 13,5 juta, kamera turun dari 16 juta menjadi 15 juta.

Sony telah menyatakan bakal melakukan perombakan korporasi besar-besaran, termasuk memangkas ribuan karyawan, menjual divisi kimia, dan berinvestasi ke perusahaan produsen kamera yaitu Olympus.[hbs]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0