MarsCat, Robot Kucing Bionik Pertama di Dunia

Robot kucing bionik MarsCat

Telset.id, Jakarta  – Pernahkah Anda tahu bahwa sekarang ada sebuah robot kucing layaknya hewan peliharaan sungguhan di rumah? Robot kucing bionik bernama MarsCat ini merupakan hasil rancangan perusahaan teknologi asal China, Elephant Robotics.

Dilansir Ubergizmo, robot itu bersifat otonom. Ia berperilaku dan berinteraksi persis seperti kucing asli. Keberadaannya bukan untuk menggantikan peliharaan Anda, melainkan hanya sebagai tambahan.

{Baca juga: Robot ala Terminator Kian Mendekati Nyata, Ini Buktinya}

Robot kucing bionik tersebut bisa sebagai teman bermain untuk kucing asli. MarsCat dapat merasakan sentuhan Anda dan merespons semua interaksi dengan meniru kucing nyata.

Seperti dikutip Telset.id, Kamis (2/1/2020), MarsCat bisa menuruti beberapa perintah seperti “duduk”. Menariknya, Elephant Robotics bakal memproduksi MarsCat secara massal bagi para konsumen.

MarsCat mungkin hanyalah permulaan sebagai solusi hewan peliharaan pada masa depan. Tidaklah mustahil bahwa Anda mungkin bakal melihat sesuatu yang lebih menarik pada tahun-tahun mendatang.

MarsCat akan tersedia untuk konsumen umum pada tahun depan dengan harga sekitar USD 1.300 atau Rp 18 jutaan. Harga tersebut sudah komplit, termasuk paket berupa mainan untuk seekor anak kucing.

{Baca juga: Robot Cerdas Ini Temani Astronot saat Galau di Luar Angkasa}

Beberapa waktu lalu, Toyota meluncurkan robot humanoid baru bernama T-HR3 ala Terminator yang dikendalikan dari jarak jauh. Kontrol untuk robot itu cukup menggunakan headset dan kabel di lengan.

Robot T-HR3 dapat digunakan untuk melakukan operasi di tempat yang jauh, di mana dokter tidak dapat hadir secara langsung ke lokasi. Toyota mengklaim bahwa robot T-HR3 lebih halus dan lebih ringan.

Robot berwujud binatang piaraan ini bukanlah yang pertama. Sebelum robot kucing MarsCat ini “lahir”, sudah ada perusahaan yang membuat robot anjing bernama SpotMini.

Robot buatan perusahaan robotika Boston Dynamics itu bahkan sudah siap dijual ke pasaran. Menariknya, robot tersebut dibanderol lebih murah ketimbang sebuah mobil.

{Baca juga: Robot Anjing SpotMini Sudah Dijual, Berminat?}

Siapapun peminat robot anjing SpotMini bisa langsung menuju ke halaman produk resmi Boston Dynamics dan mengirimkan permintaan pemesanan. [SN/HBS]

Sumber: Ubergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here