Marissa Buatkan Buku Motivasi untuk Karyawan Yahoo

Marissa Mayer (Business Insider, Getty)

Telset.id – Kondisi Yahoo saat ini lagi kurang bagus, setelah pendapatan perusahaan terus mengalami penurunan. Imbasnya, banyak kantor Yahoo di beberapa negara akhirnya ditutup. Kondisi ini tentunya cukup sulit bagi karyawan Yahoo yang butuh motivasi lebih besar untuk kembali bangkit.

Dalam upaya untuk memotivasi dan menginspirasi karyawan Yahoo, CEO Marissa Mayer membuat buku khusus tentang motivasi. Buku berukuran besar dengan sampul berwarna merah ini telah dibagikan ke karyawan Yahoo di musim gugur lalu.

Seperti dikutip dari Business Insider, buku ini menghabiskan dana USD 1 juta untuk ongkos produksinya. Menurut Kara Swisher dari Re/Code, buku ini kemungkinan berisi pandangan Mayer untuk Yahoo. Swisher sendiri memiliki beberapa foto buku hasil karya Mayer tersebut.

Meski mengalami tekanan yang sangat besar, namun kemungkinan Mayer memutuskan untuk tetap bertahan di Yahoo dan akan terus melakukan banyak perubahan di Yahoo.

Sementara petinggi Yahoo lain sepertinya tidak melakukan penolakan atas upaya yang dilakukan Mayer, dan memberikan wanita cantik ini kesempatan untuk memperbaiki perusahaan.

Sebelumnya, nasib Mayer disebut-sebut berada diujung tanduk karena gagal membawa Yahoo kembali merajai dunia Internet. Desakan agar Mayer mundur sudah didengungkan sebagian investor Yahoo.

Penyebabnya, Mayer dinilai gagal meningkatkan pendapatan dari iklan, padahal dia sudah memperkuat layanan mobile dan video Yahoo.

Tugas Mayer memang berat. Yahoo kini dinilai kurang diminati lagi oleh pengguna internet. Berdasarkan hasil analisis dari pengamat Internet, Yahoo bahkan disebut mencapai titik terendah mereka sebagai raksasa Internet.

Menurut laporan sejumlah analis di bulan Oktober 2015 lalu, pangsa pasar Yahoo di Amerika Serikat hanya meraih 7,6% pencarian online di negaranya Barack Obama itu.

Rekam jejak kinerja Mayer sebenarnya hebat di Google, perusahaan tempat Mayer bekerja sebelumnya. Tapi entah mengapa Mayer nampak kesulitan mengendalikan Yahoo.

Sebelumnya, selama 13 tahun masa kerjanya di Google, Mayer sukses memimpin tim Google Earth, Gmail hingga Google News. Semoga buku motivasi yang dibuat Mayer bisa membangkitkan semangat karyawan Yahoo untuk segera bangkit.[VP/HBS]

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI