Marak Hoaks Virus Corona, Ini Imbauan Menkominfo untuk Warganet

Telset.id, Jakarta – Menkominfo Johnny G. Plate menghimbau kepada warganet untuk tidak menyebarkan berita hoaks soal virus Corona. Pasalnya, Kominfo sudah mendeteksi adanya penyebaran berita hoaks terkait wabah virus Corona ini.

“Kami melalui drone Kominfo telah memonitor adanya penyebaran hoaks dan disinformasi terkait dengan virus Corona ini,” ujarnya di Kantor Kemenko PMK Jakarta, Selasa (28/01/2020).

Johnny lantas mengingatkan warganet untuk tidak menghubungkan wabah virus Corona dengan masalah lainnya. Apalagi, menyebarkan berita hoaks bisa berdampak luas dan negatif terhadap negara, baik dari sektor ekonomi maupun lainnya.

{Baca juga: Beredar Video Diduga Korban Virus Corona Berjatuhan di Jalanan}

“Ini murni masalah kesehatan dan karena itu mengaculah pada referensi utamanya yang hanya disampaikan oleh institusi resmi,” tutur Johnny.

Menurutnya, pemerintah telah melakukan langkah-langkah konsolidasi dan terintegerasi untuk mencegah jangan sampai virus ini masuk ke wilayah tanah air kita. Tujuannya untuk mencegah penyebaran virus Corona agar tidak masuk ke Tanah Air.

“Ada dua langkah penanganan pemerintah dalam melakukan langkah konsolidasi dan koordinasi dalam rangka mencegah virus ini. Pertama, berkaitan dengan wilayah terdampak di Provinsi Hubei, China, dan saat ini sedang dilakukan langkah-langkah pemerintah. Yang kedua, di wilayah yuridiksi nasional kita terkait dengan pencegahannya,” jelas Johnny.

Johnny pun menyampaikan bahwa memang sampai saat ini belum ada penyebaran Virus Corona di Indonesia. Oleh karenanya, pihak pemerintah mengambil beberapa langkah cara diseminasi informasi.

“Yang pertama tentu terkait dengan gejala-gejala klimis yang akan disampaikan oleh Kementerian Kesehatan. Penangan penyebaran virus terhadap masyarakat maupun petugas-petugas medisnya. Yang ketiga, tentu langkah-langkah pemerintah,”  tambah Johnny.

{Baca juga: Tagar #VirusCorona Jadi Trending Topik di Twitter Indonesia}

Terakhir Johnny meminta agar masyarakat mengacu kepada intitusi resmi dan informasi yang disampaikan pemerintah secara resmi dalam rangka pencegahan dan penanganan virus ini.

“Salah menangani, dampaknya sangat luas,” tutup Johnny. (NM/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0