Manusia Harus Mengubah DNA untuk Bisa Tinggal di Mars

Telset.id, Jakarta  – Astronot manusia harus mengubah DNA supaya bisa tinggal di Mars. Ilmuwan menyebut, mereka harus melakukannya jauh-jauh hari sebelum melakukan perjalanan berbahaya ke Planet Merah.

Menurut laporan New York Post, seperti dikutip Telset.id, Jumat (22/5/2020), astronot mungkin perlu menjadi manusia super dengan sel tahan radiasi dan tulang yang sangat kuat untuk bertahan selama perjalanan.

{Baca juga: Mars Tertutup Genangan Air Asin Sangat Dingin?}

Sejumlah badan antariksa, bahkan perusahaan swasta, telah berjanji untuk mendaratkan manusia pertama di Planet Merah dalam dua dekade mendatang. Mereka berlomba menjadi yang pertama membuat sejarah.

NASA berharap bisa mendaratkan astronot di Mars pada 2030-an nanti. Sementara perusahaan roket milik miliarder Elon Musk, SpaceX, ingin memindahkan sekitar satu juta orang di Mars pada 2050 mendatang.

Dalam sebuah webinar pekan lalu, seorang ilmuwan terkemuka berpendapat bahwa para calon pemukim perlu “diretas gen” agar bisa hidup di Mars. “Pengeditan” DNA wajib dilakukan supaya manusia hidup di Mars.

“Ya, kalau ingin hidup dan berkembang serta membangun keluarga di Mars, manusia harus mengubah gen,” kata Kennda Lynch, astrobiolog di Lunar and Planetary Institute di Houston, baru-baru ini via konferensi.

{Baca juga: Tabung Lava di Mars Bisa Lindungi Astronot dari Radiasi}

Mengubah DNA dapat membantu astronot maupun manusia lain untuk menanggung rentetan radiasi kosmik dan lingkungan ekstrem yang mematikan di permukaan Mars. Mereka harus melakukan transformasi.

Sebelumnya, para peneliti mengeksplorasi kemungkinan menggunakan tabung lava berongga di Mars sebagai “rumah”, untuk melindungi astronot dari radiasi selama berada di Mars.

Manusia bersiap menuju ke Mars. Dengan asumsi misi kru Artemis NASA ke Bulan berjalan dengan baik, kita bisa melihat misi penjelajahan Planet Merah dilakukan dalam waktu lebih cepat. [SN/HBS]

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here