telset

Mantan CEO Apple Dukung iPhone Murah

Mantan CEO Apple, John Sculley
Mantan CEO Apple, John Sculley

Jakarta – Rumor tentang iPhone murah mendapat respon yang beragam. Salah satu petinggi Apple telah membantah isu tersebut, namun mantan CEO Apple John Sculley justru mendukung rencana Apple membuat iPhone murah.

Dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg Television, John Sculley mengatakan, Apple perlu fokus pada menciptakan varian dari iPhone yang disesuaikan dengan pasar negara berkembang jika ingin terus tumbuh.

Sculley menyebutkan saat ini pasar smartphone di negara-negara maju telah mencapai titik jenuh. Oleh sebab itu Apple harus mengalihkan perhatiannya kepada pelanggan di negara-negara berkembang yang tidak mampu membeli smartphone berharga mahal.

Dia mengingatkan, Apple perlu untuk beradaptasi dengan “dunia yang sangat berbeda”, dimana smartphone kini dijual dengan harga yang semakin murah.

“Ketika smartphone yang dulunya USD 500 kini dirilis beberapa perusahaan dengan hanya USD 100, maka Anda sudah harus berpikir bagaimana membuat produk seperti itu dan membuatnya tetap menguntungkan,” kata Sculley, yang telsetNews kutip dari appleinsider, Rabu (16/1).

Sculley juga menyatakan bahwa para produsen ponsel yang menjadi pesaing Apple kini  telah bisa menandingi Apple dalam hal inovasi. Dia menunjuk smartphone buatan Samsung kini telah hampir sejajar dengan iPhone buatan Apple.

“Samsung adalah pesaing yang luar biasa bagus. Seperti yang kita lihat, perbedaan antara Samsung Galaxy dan iPhone 5 sudah tidak terlalu jauh,” ujarnya.

Sculley juga berpendapat bahwa saat ini CEO Apple Tim Cook adalah “benar-benar pemimpin yang tepat” bagi perusahaan karena latar belakangnya yang luas dalam rantai pasokan logistik.

“Pemegang saham tidak memiliki alasan untuk khawatir tentang kinerja Apple sekarang, karena perusahaan dijalankan oleh Tim Cook, dan Jony Ive sebagai kepala desain akan terus memperkenalkan ide-ide baru, sehingga Apple belum benar-benar kehabisan potensi kreatif,” tandasnya.

Pada bulan November 2012 lalu, firma riset Gartner melaporkan bahwa pangsa pasar Apple di seluruh dunia untuk penjualan perangkat ponsel naik menjadi 5,5% pada kuartal ketiga 2012.

Secara global, market share Apple kini berada diposisi ketiga dibawah Samsung dan Nokia. Samsung menguasai 22,9% pangsa pasar, sementara Nokia menguasai 19,2% pasar ponsel global. Namun untuk penjualan smartphone, Apple dan Samsung masih memimpin dengan pangsa pasar gabungan sebesar 46,5%. [hbs]

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0