Manfaatkan AI, Situs Ini Bisa Ciptakan Foto Palsu

Telset.id, Jakarta – Kemampuan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) untuk menciptakan visualisasi atau foto palsu telah terbukti. Adalah situs bernama ThisPersonDoesNotExist.com yang menawarkan edukasi persuasif terkait hal tersebut.

Situs itu diciptakan oleh Philip Wang, teknisi Uber. Situs juga menggunakan penelitian NVIDIA 2018 untuk menciptakan foto palsu. Philip memanfaatkan daftar data berisi gambar asli untuk melatih algoritma yang digunakan situs tersebut.

Algoritma kemudian menggunakan tipe jaringan syaraf yang dikenal sebagai Generative Adversarial Network (GAN) untuk menciptakan contoh baru. Awalnya, kerangka AI yang digunakan diciptakan oleh peneliti bernama Ian Goodfellow.

NVIDIA lantas membuat versi baru berbasis algoritma bernama StyleGAN yang baru-baru ini dihadirkan sebagai open source. Namun, versi model itu dilatih untuk menghasilkan wajah manusia, secara teori, meniru berbagai sumber.

Dikutip Telset.id dari The Verge, Senin (18/2/2019), peneliti telah bereksperimen dengan target lain, termasuk karakter anime, font, dan grafiti. Kemampuan algoritma seperti StyleGAN menimbulkan banyak pertanyaan di kalangan masyarakat.

{Baca juga: Ngeri! OpenAI Elon Musk Bisa Bikin Berita Hoaks}

Satu di antaranya berhubungan dengan pemanfaatan teknologi secara kreatif. Program serupa dapat menciptakan dunia virtual tanpa batas, serta untuk membantu desainer dan ilustrator, sehingga mendorong kemunculan tipe seni baru.

Teknologi tersebut juga memiliki kelemahan, yaitu kemampuan untuk memanipulasi dan menghasilkan gambar realistik yang akan berdampak besar terhadap cara masyarakat modern berpendapat tentang bukti dan kepercayaan. [SN/HBS]

Sumber: The Verge

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0