Malware XcodeGhost Terus Hantui App Store

XcodeGhost malwareJAKARTA – Pada awal pekan ini dikabarkan adanya serangan malware bernama XcodeGhost yang menyusup ke aplikasi-aplikasi populer iOS di Tiongkok. Saat itu disebutkan telah ada 39 aplikasi yang ada di App Store telah terinfeksi malware tersebut. Kini, jumlah tersebut telah bertambah hingga 85 aplikasi.

Sebelumnya telah dilaporkan bahwa adanya serangan malware yang menginfeksi aplikasi-aplikasi iOS melalui berbagai versi dari Xcode. Tak kurang dari 39 aplikasi populer iOS yang sangat populer di Tiongkok, seperti WeChat, dan Didi Chuxing, sebuah aplikasi mirip Uber di Tiongkok (Baca juga: Waspada! Malware XcodeGhost Intai Aplikasi iOS).

Ternyata jumlah “korban” malware bernama XcodeGhost ini masih terus bertambah. Dalam laporan terakhir menyebutkan bahwa jumlah aplikasi yang telah terinfeksi serangan XcodeGhost telah mencapai 85 aplikasi.

Salah satu korban adalah Rovio. Pembesut geme populer Angry Birds ini mengumumkan bahwa aplikasi terbaru dari seri game Angry Birds 2 yang tersedia di Tiongkok, Taiwan, Hong Kong, dan Macau, telah terinfeksi oleh serangan XcodeGhost.

Pihak Rovio dengan cepat mengumumkan bahwa mereka telah menyiapkan update untuk mengatasi malware tersebut. Rovio menyarankan, jika Anda berada di negara-negara yang disebutkan di atas tadi dan memiliki aplikasi Angry Birds 2, sebaiknya segera meng-update aplikasi versi terbaru karena sudah dijamin keamanannya.

Sebagian besar dari aplikasi yang terinfeksi telah dideteksi dan dimasukkan ke dalam daftar sebagai aplikasi berbahaya. Jika Anda telah menginstal salah satu dari 85 aplikasi yang terinfeksi malware XcodeGhost, maka dianjurkan untuk segera menghapusnya dari perangkat iPhone atau iPad Anda, sambil menunggu pengumuman lebih lanjut dari developer aplikasi tersebut.

Berikut daftar aplikasi iOS yang dicurigai telah disusupi malware XcodeGhost:

Air2, AmHexinForPad, Angry Birds 2 (mainland China, Taiwan, Hong Kong and Macau only), baba, BiaoQingBao, CamCard, CamScanner, CamScanner Lite, CamScanner Pro, Card Safe, China Unicom Mobile Office, ChinaUnicom3.x, CITIC Bank move card space, CSMBP-AppStore, CuteCUT, DataMonitor, Didi Chuxing, Eyes Wide, FlappyCircle, Flush, Freedom Battle, golfsense, golfsensehd, guaji_gangtai en, Guitar Master, High German map, Himalayan, Hot stock market, I called MT, I called MT 2, IFlyTek input, IHexin, immtdchs, InstaFollower, installer, iOBD2, iVMS-4500, Jane book, jin, Lazy weekend, Lifesmart, Mara Mara, Marital bed, Medicine to force, Mercury, Micro Channel, Microblogging camera, MobileTicket, MoreLikers2, MSL070, MSL108, Musical.ly, NetEase, nice dev, OPlayer, OPlayer Lite, PDFReader, PDFReader Free, Perfect365, Pocket billing, PocketScanner, Poor tour, Quick asked the doctor, Quick Save, QYER, Railway 12306, SaveSnap, SegmentFault, snapgrab copy, Stocks open class, SuperJewelsQuest2, Telephone attribution assistant, The driver drops, The Kitchen, Three new board, ting, TinyDeal.com, Wallpapers10000, Watercress reading, WeChat, WeLoop, WhiteTile, WinZip, WinZip Sector, dan WinZip Standard.

SourceBGR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI