Malware Android Baru Ini Bisa “Bersihkan” Isi Ponsel

Telset.id, Jakarta – Jurus tipu-tipu para penyebar malware di Android memang makin kreatif. Yang paling anyar, malware disebar lewat sebuah pesan ke nomor ponsel secara acak. Apa akibatnya? Jika Anda mengklik pesan tersebut, malware Android mampu menghapus seluruh data yang ada di dalam ponsel Anda.

Pengguna Android selalu dianjurkan untuk selalu waspada, karena mereka tak akan pernah berhenti menjadi sasaran para penyebar malware. Serangan malware terbaru menggunakan modus yang disebar lewat sebuah pesan SMS ke nomor ponsel secara acak di seluruh dunia.

Isi pesannya meminta Anda untuk mengklik tautan agar mengunduh sebuah pesan MMS. Jika pengguna mengklik link tersebut, maka hacker yang mengirimkan pesan akan dapat mengontrol penuh perangkat Anda dari jarak jauh secara remote.

Malware baru ini telah diidentifikasi sebagai “Mazar Android BOT”, dan saat Anda mengklik tautan di pesan tadi akan langsung mengaktifkan perintah untuk mengunduh sambil menginstall aplikasi TOR browser di ponsel lewat sebuah URL unduhan Tor yang nyata.

Malware Mazar Android BOT”

Kemudian setelah terinstall, TOR akan langsung menghubungkan ke serber terntentu yang kemudian melakukan proses otomatis pengiriman pesan.

Menariknya, Anda dapat mencegah serangan malware ini dengan cara mengubah setingan bahasa di ponsel dengan bahasa Rusia. Hal ini cukup masuk akal, karena sebagian besar perlindungan Android berasal dari kontrol di Google Play Store. Itu sebabnya para hacker  selalu mendapatkan cara untuk menyebarkan malware dengan sukses.

Well, mengatur ponsel Anda dengan menggunakan bahasa Rusia tentulah bukan pilihan ideal, karena Anda malah akan semakin bingung karena tidak mengerti arti bahasanya. Lantas bagaimana cara pencegahannya?

Cara paling sederhana adalah untuk membiasakan diri tidak mudah tergoda dengan pesan-pesan asing yang meminta Anda untuk mengklik tautan via MMS tak dikenal.

Solusi kedua adalah, bagi Anda yang suka menginstall aplikasi atau file APK dari sumber selain Google Play Store, jangan lupa untuk mengembalikan settingan aplikasi ke default agar Android dapat mencegah proses instalasi yang dijalankan oleh pihak luar. [HBS]

 

SourceTNW

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI