Malam Tahun Baru 2019, Trafik Data Indosat Naik 11,4%

Telset.id, Jakarta – Setiap malam pergantian tahun selalu terjadi lonjakan trafik komunikasi. Pada malam tahun baru 2019 ini, Indosat Ooredoo mencatat telah terjadi peningkatan trafik telekomunikasi khususnya layanan data hingga 11,4% dibanding hari biasa.

Dilansir Telset.id dari keterangan tertulis Indosat Ooredoo, pada malam tahun baru terjadi kenaikan trafik layanan data yang cukup signifikan sebesar 6.730 TeraBytes.

Pencapaian tersebut meningkat sebesar 11,4% dibandingkan trafik reguler hari biasa. Jumlah itu juga meningkat 71,7% dibanding trafik malam puncak tahun baru 2018.

Kenaikan trafik telekomunikasi Indosat mencapai puncaknya sekitar pukul 19:00 hingga 02:00 pada tanggal 1 Januari 2019 dinihari.

Wilayah yang mengalami peningkatan trafik data ini terutama di daerah yang menjadi tujuan utama wisatawan dalam merayakan tahun baru, seperti Alun-Alun Bandung, Tugu Yogya, Simpang Lima Semarang, Alun-alun Kidul Solo dan Pantai Losari Makassar.

{Baca juga: Indosat Ooredoo Pastikan Tahun ini Jaringan Semakin Kencang}

“Kami senang dapat tetap melayani pelanggan dengan baik di saat momen spesial pergantian tahun baru ini, dengan penyediaan kapasitas jaringan yang sudah kami siapkan jauh-jauh hari,” ucap Turina Farouk, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo.

Selain layanan data, trafik layanan SMS juga mengalami peningkatan sebesar 22,5% dibanding trafik reguler hari biasa. Berbeda dengan tren komunikasi data dan SMS, untuk trafik layanan suara mengalami penurunan sebesar 16,2% dibanding trafik reguler hari biasa.

Indosat telah menyiapkan semua kapasitas layanan data, suara dan SMS untuk menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru dalam rangka mengantisipasi peningkatan trafik berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya. Untuk kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte/hari.

{Baca juga: Asyik! Pelanggan Indosat Bisa Akses Instagram Tanpa Kuota}

Layanan data saat ini menjadi kebutuhan utama aktivitas telekomunikasi masyarakat seiring dengan tren penggunaan media sosial dan aplikasi digital lainnya.

Sementara untuk kapasitas layanan suara ditingkatkan menjadi 2.249 juta menit/hari (atau 37,49 juta Erlang/hari), kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,011 milyar SMS/hari dan kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte/hari. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here