telset

Malam Ini Semua SMS Premium di Unreg Otomatis

Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan seluruh operator telekomunikasi di Indonesia akan melakukan unreg secara otomatis pada semua layanan SMS Premium mulai malam nanti Rabu 19 Oktober 2011, jam 00.00.

Pengumuman tersebut disampaikan melalui keterangan tertulis Kemenkominfo yang diterima Telsetnews pada hari ini di Jakarta, Selasa (18/10). Disebutkan, unreg otomatis ini sesuai Surat Edaran BRTI No.177/BRTI/X/2011 yang ditandatangani oleh Ketua Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Drs. Syukri Batubara beberapa waktu lalu.

Menkominfo Tifatul Sembiring dalam keterangannya mengatakan, unreg otomatis ini dilakukan untuk menyikapi keresahan masyarakat atas kasus penipuan dan pencurian pulsa yang banyak menimpa pelanggan jasa telekomunikasi seluler.

“Kasus penipuan dan sedot pulsa ini sudah meresahkan masyarakat, tanpa sadar para pengguna HP dipotong pulsanya. Ini tidak fair, harus segera dihentikan,” tegas Tifatul dalam keterangan resminya.

Menkominfo mencontohkan salah satu modus pencurian pulsa yang dilakukan content provider (CP). Pulsa prabayar perdana yang baru dibeli Rp 50.000, setelah dicek ternyata isinya hanya Rp 36.000, karena sudah terpotong Rp 14.000. Setelah diselidiki, ternyata potongan itu berasal dari paket konten yang ada di dalam SIM card. Padahal pelanggan tidak pernah memintanya.

Tifatul menuturkan, pelanggan banyak dirugikan oleh praktek tidak fair yang dijalankan CP maupun operator untuk memotong pulsa pengguna. “Kebijakan ini diambil untuk menghentikan praktek sedot pulsa ilegal, hal ini tidak bisa biarkan karena sama dengan pencurian uang masyarakat secara besar-besaran,” tandas Tifatul.

Menkominfo yakin kebijakan ini tak akan mematikan industri kreatif dari CP. “Tidak sama sekali, karena begitu di-unreg otomatis, maka semua CP dan operator dipersilakan langsung menawarkan reg kembali. Bagi yang berminat silakan daftar, tentunya dengan kesadaran. Sehingga tidak ada yang merasa tertipu,” katanya.

Selain Unreg Otomatis, BRTI juga meminta seluruh operator untuk menghentikan semua penawaran SMS broadcast/pop-screen/voice broadcast sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

BRTI juga mewajibkan seluruh operator merekapitulasi data pulsa pengguna yang telah terpotong, wajib melakukan pengembalian pulsa yang dipotong secara ilegal kepada pengguna, dan melaporkan kepada BRTI pada Rabu (19/10) besok.[hbs]{jcomments on}

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0