MacBook Pro 2016 Tampil Lebih Ringan dan Tipis

Telset.id, Jakarta – Apple akhirnya merefresh seri MacBook Pro dengan meluncurkan dua varian MacBook Pro terbaru model 13 inci dan 15 inci. Apple kali ini nampaknya memberikan upgrade paling besar yang pernah diberikan untuk lini MacBook Pro. Apa saja yang baru?

Dari sisi desain, Apple melakukan redesain untuk MacBook Pro terbaru yang memiliki bodi lebih tipis dan ringan dibanding generasi sebelumnya. Untuk MacBook Pro model 13 inci, memiliki bodi 17% lebih tipis dan 23% lebih kecil. Begitupun untuk model 15 inci memiliki bodi 14% lebih tipis dan 20% kecil dari pendahulunya.

Selain menawarkan bodi yang lebih ringan dan tipis, Apple juga menambahkan fitur baru “Touch Bar”, yang membuat MacBook terbaru ini lebih menarik. Touch Bar merupakan retina multitouch display yang menggantikan function keys.

Dengan fitur ini, Anda dapat menyesuaikan setting sistem tertentu dengan mudah dan dapat beradaptasi dengan aplikasi yang digunakan. Selain itu, Touch Bar juga menawarkan sejumlah tools, seperti fitur rotate dan straight ketika mengedit foto, serta text predictions saat mengetik.

Tak hanya itu, Apple juga mengintegrasikan Touch ID ke Touch Bar dan melapisinya dengan sapphire cover. Sensor yang digunakan pada kedua model MacBook terbaru ini adalah sensor generasi kedua dan didukung oleh chip Apple T1 terbaru, dengan secure enclave yang sudah mendukung Apple Pay.

Fitur menarik lainnya adalah sensor sidik jari, dimana pengguna bisa login ke Mac menggunakan fingerprint. Bahkan jika beberapa pengguna berbagi laptop yang sama, perangkat bisa mendeteksi dan beralih ke profil masing-masing secara otomatis.

Apple juga melengkapi MacBook Pro dengan Force Touch trackpad yang diklaim dua kali lebih besar. dan juga memberikan update untuk keyboard dengan “butterfly mechanism” seperti MacBook Retina 12 inci, yang lebih responsif. Bagian layarnya juga lebih cerah dan lebih efisien dalam menyimpan daya.

Beralih ke bagian dalamnya, kedua model baru MacBook Pro ini didukung spesifikasi hardware yang ditingkatkan, dengan prosesor Intel Core i5/i7 (model 15 inci hanya menggunakan i7). Sementara model 13 inci memakai Intel Iris graphics dan model 15 inci dilengkapi AMD Radeon Pro GPU dengan VRAM hingga 4GB.

Kedua MacBook model terbaru ini juga dilengkapi 4x Thunderbolt 3 ports yang sekaligus berfungsi ganda sebagai USB ports, HDMI, DisplayPort dan charging laptop secara bersamaan.

Meski begitu, Anda tak perlu khawatir karena Apple masih menyertakan headphone jack, walaupun SD card reader sudah ditiadakan. Daya tahan baterai juga ditingkatkan, dimana MacBook Pro baru ini diklaim memiliki baterai yang mampu bertahan hingga 10 jam.

Bagaimana dengan harganya? Untuk bisa membawa pulang MacBook Pro terbaru ini, Anda harus siap merogoh kocek minimal USD 1,799 atau sekitar Rp 23,4 jutaan untuk model 13 inci, dan USD 2,399 atau Rp 31,3 jutaan untuk model 15 inci. Apple telah membuka pre-order untuk kedua perangkat barunya ini, dan akan mulai dikirim 2-3 minggu ke depan.[HBS]

SourceUbergizmo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI