Ma’aruf Amin Sebut Tol Langit, Rudiantara: Biar Mudah Diingat

Telset.id, Jakarta – Menkominfo Rudiantara berkomentar soal istilah Tol Langit yang disampaikan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01 Ma’aruf Amin di Debat Pilpres 2019. Dirinya menilai istilah tersebut merujuk pada infrastruktur jaringan telekomunikasi dan biar mudah diingat.

Rudiantara mengatakan bahwa Ma’aruf Amin sebenarnya sudah pernah mengatakan hal tersebut (Tol Langit) pada pertengahan Februari 2019 lalu.

“Saya cek juga Tol Langit itu semacam kombinasi antara Palapa Ring dan juga jaringan yang sudah dibangun oleh operator serta satelit kita nanti yang tahun 2022 yang high throughput satelite,” jelas Rudiantara di Kantor Pusat Indosat Ooredoo, Senin (18/03/2019).

“Semuanya itu memberikan “jalan tol” untuk informasi, makanya dipakai istilah Tol Langit biar gampang diinget,” kata Menkominfo.

{Baca juga: Ma’ruf Amin Janji Ciptakan 3500 Startup, Apa Kata Menkominfo?}

Dia juga menilai jika Ma’ruf Amin adalah sosok yang pandai menciptakan istilah populer dan mengutamakan pendekatan pasar. Dirinya merujuk pada saat Ma’aruf masih menjadi ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Inget gak waktu MUI membuat fatwa MUI bagaimana umat islam harus memanfaatkan media sosial? Kan terlalu panjang. Ya udah dibikin muamalah medsosiah, kan gampang gitu. Jadi intinya begitu tol langit,” tambah Rudiantara.

Sebenarnya Rudiantara juga pernah mengucapkan istilah Tol Langit. Istilah ini muncul dari wacana Menkominfo yang ingin pemerataan akses internet di seluruh Indonesia.

“Kalau Palapa Ring ini sudah selesai dibangun, istilahnya jalan tol-nya, berarti jalan masuknya lebih mudah karena yang mahal itu jalan tol,” ujarnya.

“Bagaimana membangun di dalamnya, itu ada beberapa cara, salah satunya operator akan membangun aksesnya yaitu Base Transceiver Station (BTS),” tambah Rudiantara.

{Baca juga: Unik, Begini Cara Rudiantara Uji Coba Palapa Ring Paket Tengah}

Perlu diketahui istilah Tol Langit menjadi perbincangan hangat setelah acara Debat Cawapres semalam. di Hotel Sultan pada Minggu (17/03/2019). Ketika itu, Ma’aruf Amin awalnya mengatakan ingin memaksimalkan infrastruktur yang ada seperti infrastuktur langit, dan kata itu sontak melahirkan istilah Tol Langit.

“Kebetulan pemerintah kita sudah bisa membangun infrastruktur darat, laut, udara, dan infrastruktur langit, melalui Palapa Ring, sehingga sekarang tumbuh usaha-usaha startup, unicorn, bahkan sebentar lagi ada decacorn,” ucap calon presiden pendamping Jokowi itu. [NM/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI