telset

Lumayan, Kecepatan Internet Indonesia Rata-rata 3,7 Mbps

Internet Indonesia 'Alon-alon asal klakon'Jakarta – Perkembangan layanan Internet di Indonesia terus tumbuh, baik dari sisi jumlah pengguna dan juga kecepatan koneksinya. Akamai belum lama ini merilis laporan terbaru State of the Internet yang menyebutkan rata-rata kualitas koneksi internet semakin cepat.

Akamai mengungkapkan bahwa rata-rata kualitas koneksi internet berbasis fixed broadband di Indonesia mengalami peningkatan. Kecepatan rata-rata internet di Indonesia mencapai 3,7 Mbps pada pada kuartal ketiga 2014.

Kecepatan tersebut meningkat 149% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya dan 49% lebih baik dibanding kuartal kedua 2014. Kecepatan Internet di Indonesia disebutkan telah mendekati Tiongkok, dan lebih cepat ketimbang Vietnam, Filipina, dan India.

Namun kecepatan Internet di Indonesia masih jauh dari Korea Selatan yang memiliki kecepatan rata-rata 25,3 Mbps. Posisi di bawah Korsel adalah Hong Kong dan Jepang. Demikian seperti dikutip telsetNews dari Akamai, Senin (12/1/2015).

Akamai mencatat hingga saat ini ada 35% pengguna di Indonesia yang memiliki sambungan Internet dengan kecepatan lebih dari 3 Mbps. Sementara 3,3% memiliki sambungan Internet dengan kecepatan lebih dari 10 Mbps, dan 0,9% bisa mencicipi koneksi di atas 15 Mbps.

Sayangnya persentase ini belum termasuk angka pengguna mobile broadband. Tahun lalu pengguna mobile data di Indonesia baru bisa menikmati kecepatan Internet sekitar 512 Kbps hingga 1 Mbps.

Sebenarnya rata-rata kecepatan Internet mobile broadband di Indonesia masih bisa naik lebih cepat jika jaringan 4G LTE telah semakin merata di seluruh wilayah, sehingga adopsi pelanggan bisa ditingkatkan.

Menurut riset GSMA Intelligence memperkirakan Indonesia akan bisa mendapatkan 10 juta pengguna LTE dalam kurun waktu dua tahun sejak layanan seluler generasi keempat itu resmi dikomersialisasikan pada akhir 2014 lalu.[HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0