Lima Tahun Lagi, Jumlah Pengguna 5G Tembus 1,9 Miliar

Telset.id, Jakarta – Penetrasi jaringan 5G diprediksi semakin berkembang dalam 5 tahun ke depan. Menurut analisa Ericsson, pada tahun 2024 mendatang akan ada sekitar 1,9 miliar pengguna yang memakai jaringan seluler generasi kelima tersebut.

Menurut Head of Network Solutions Ericsson Indonesia dan Timor Leste, Ronni Nurmal pada kuartal 1 tahun 2019 saat ini ada 7,9 Miliar Mobile Subscription atau pengguna ponsel di seluruh dunia. Dari angka tersebut sekitar 47% adalah pengguna jaringan 4G.

“Angka 7,9 Miliar ini lebih banyak dari total populasi dan 47% dari mereka menggunakan jaringan 4G,” kata Ronni di Jakarta, Rabu (10/07/2019).

{Baca juga: Ericsson Pamer Perangkat 5G di Indonesia}

Tetapi dalam 5 tahun ke depan pengguna ponsel akan menjadi 8,8 miliar dan diantara adalah pengguna jaringan 5G. Nantinya jaringan 5G akan dipakai oleh  1,9 Miliar pengguna dan menjangkau 45% dari populasi manusia.

Sedangkan berdasarkan kategori kawasan, Amerika Utara memiliki presentase yang paling besar  dibanding kawasan lainnya di dunia untuk penyerapan 5G. “Penetrasi yang paling tinggi berada di kawasan Amerika Utara dengan presentase hingga 63%,” tambah Ronni.

Selain Amerika Utara, peningkatan jumlah pengguna jaringan 5G juga tinggi di 2 kawasan lain seperti Eropa Barat dengan 40%, dan Asia Timur Laut dengan 47%. Sedangkan Kawasan Asia Tenggara dan Oseania yang didalamnya adalah Indonesia pengguna 5G hanya 12%.

“Kalau di Asia Tenggara dan Oseania presentasenya sekitar 12%” ujar Ronni menjelaskan.

Pengguna jaringan 5G juga mempengaruhi konsumsi data internet masyarakat global. Penggunaan data akan meningkat hingga 131 Exabyte (XB). Hal ini seiring dengan kecepatan internet 5G dan prilaku  yang lebih banyak menyaksikan konten dalam bentuk video.

{Baca juga: Ericsson Perkenalkan Perangkat Lunak Jaringan 5G}

“Traffic data akan meningkat karena masyarakat lebih sering melihat video. Apalagi kualitas video semakin bertambah mulai dari video 4K, video 8K hingga VR 360 degrees,”

Saat ini Ericsson sendiri telah menandatangani 23 kontrak terkait pengembangan jaringan 5G dan 12 diantaranya sudah mulai tahap pengembangan. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI