Lima Kesepakatan Mengatasi Kasus Pencurian Pulsa

Jakarta – Menindaklanjutin hasil pertemuan pada 5 Oktober lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pada hari ini kembali menggelar pertemuan dengan pihak Bareskrim Mabes Polri dan operator Telkomunikasi Indonesia.

Acara pertemuan yang digelar di gedung Kantor Pusat Kominfo itu membahas soal kasus penipuan lewat SMS dan pencurian pulsa yang dilakukan content provider (CP).

Dalam pertemuan yang juga melibatkan perwakilan dari pihak Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) ini menelurkan lima keputusan yang nantinya harus segera ditindaklanjuti oleh pihak pihak terkait. Lima keputusan itu adalah:

BRTI diminta untuk segera menyerahkan data CP yang diduga telah merugikan konsumen berdasarkan pengaduan masyarakat penyedotan pulsa melalui SMS penipuan dan layanan pesan premium kepada Polri (Bareskrim dan Polda) untuk diproses secara hukum.

Berdasarkan masukan masyarakat, BRTI akan melakukan pengawasan secara ketat dan mempelajari secara mendalam skema hubungan bisnis antara CP dan operator telekomunikasi dalam memberikan layanan jasa SMS premium.

Jika ada CP yang melakukan pelanggaran, BRTI akan menginstruksikan operator telekomunikasi untuk menghentikan layanan jasa premium dan mengawasi pemberian ganti rugi sesuai ketentuan yang berlaku, yang hasilnya akan dipublikasikan ke publik

Operator bersama BRTI akan membuat suatu rancangan sistem aplikasi yang nantinya dapat digunakan konsumen jika tidak menginginkan layanan jasa SMS premium yang ditawarkan.

BRTI dan operator telekomunikasi secara bersama-sama akan melakukan kampanye iklan layanan masyarakat secara masif mengenai nomor pengaduan yang dapat dihubungi konsumen dan cara penanganan pengaduan.

“Semua hasil kesepakatan yang dihasilkan dalam pertemuan ini, harus dapat  dilaksanakan dalam jangka waktu paling lambat tiga bulan,” ujar Kepala Humas Kominfo, Gatot S Dewa Broto, di Jakarta (11/10).[hbs]{jcomments on}

Previous articleHuawei Gandeng Discovery Luncurkan Ponsel Petualang
Next article’‘Bumerang’™ Samsung Siap Serang iPhone 4S

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here