telset

Lho, Wozniak dan Jobs Ternyata Tak Sepaham

Jakarta – Walaupun Steve Jobs dan Steve Wozniak merupakan perintis berdirinya Apple, namun ternyata dua orang penting dalam perjalanan Apple tersebut memiliki perbedaan cara pandang dalam mengembangkan perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut.

Kedua pendiri Apple ini memang memilih caranya masing-masing dalam menghantar Apple menjadi perusahaan raksasa seperti saat ini. Jobs memilih terus berkutat didalam manajemen hingga menduduki posisi CEO Apple. Sementara  Wozniak lebih memilih di luar lingkaran manajemen, dan hanya sebagai salah satu pemegang saham di Apple.

Uniknya, walaupun kedua orang ini adalah sebagai pendiri Apple, namun baik Jobs maupun Wozniak memiliki pandangan yang berbeda dari apa yang seharusnya Apple jalankan saat ini. “Anda tahu seperti apa kualitas produk Apple, saya sendiri merasakan perasaan yang campur aduk,” ujar pria yang akrab disapa dengan panggilan Woz itu.

Woz mengaku telah tumbuh di tengah didikan pentingnya berbagi teknologi dan keterbukaan software. Dulu ia pernah membuat eksperimen ilegal berupa mesin penjawab telepon. Tetapi harus membeli atau menyewa dari AT&T, salah satu operator di Amerika Serikat.

“Anda punya banyak pilihan namun tidak ada ruang untuk berinovasi. Para teknisi mengatakan bahwa ini adalah hal yang buruk. Anda bisa lihat sendiri,” sembur Woz, seperti dikutip telsetNews dari bgr, Selasa (2/10).

Ia menyebutkan, para pendiri pernah membuka software-nya untuk platform lain, seperti iTunes pada Windows. Namun, ia menyayangkan iTunes hingga kini tidak tersedia porting ke Android.

Pria berjanggut ini memang unik dan dikenal ceplas-ceplos dalam mengkritik perusahaan yang dirintisnya bersama Jobs itu. Woz tidak sependapat soal eksklusifitas yang sekarang sangat dibangga-banggakan Apple.

Bahkan ia dengan terang-terangan “menyerang” Apple terkait kasus sengketa paten yang melibatkan Apple dengan para pesaingnya. Woz dengan lantang mengatakan “Saya benci perang paten Apple dengan Samsung”. [lkh/hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0