LG Tak Berkutik di ‘Kampungnya’ Sendiri

LG V10JAKARTA –  Hampir semua vendor papan atas telah merilis smartphone flagship mereka ke pasaran, termasuk LG yang telah meluncurkan LG V10. Raksasa elektronik asal Korea Selatan ini tentu saja berharap flagship barunya itu bisa menuai sukses di kandang sendiri. Namun sayangnya harapan itu masih belum mampu diraih, karena LG V10 sepi peminat.

Smartphone LG V10 yang diluncurkan pada awal bulan Oktober ini sebenarnya termasuk smartphone dengan spesifikasi premium dengan desain yang menarik, karena memiliki dua layar dan kamera depan ganda atau dual front facing camera.

[Baca juga: LG V10, Ponsel dengan Dual-Front Facing Camera]

Sayangnya, meski mengusung spesifikasi premium dan menawarkan teknologi kamera yang mumpuni, namun semuanya itu belum mampu menggoda banyak konsumen, termasuk di negara asalnya, Korea Selatan.

Bahkan, menurut informasi yang dilansir dari Business Korea, Senin (26/10/2015), smartphone andalan LG itu belum mampu masuk ke dalam jajaran 10 smartphone terlaris di Korea Selatan.

Berdarkan laporan dari hasil penelitian ATLAS Research & Consulting, sejak dirilis pada tanggal 8 Oktober lalu, LG V10 masih kalah bersaing dengan flagship andalan Samsung, terutama Galaxy Note 5.

ATLAS mencatat, phablet terbaru Samsung tersebut mampu mengusai pasar smartphone di Korea Selatan, sejak dirilis delapan pekan yang lalu. Sementara itu, penjualan LG V10 di pekan-pekan pertamanya terlihat sangat seret, sehingga hanya mampu berada di posisi ke-15 dari daftar smartphone terlaris di Negeri Ginseng itu.

LG memang belum mampu menembus dominasi Samsung. Kompatriotnya itu bahkan merajai 10 besar smartphone terlaris di Korea Selatan dengan beberapa produk andalannya, seperti Galaxy S6, Galaxy A5, dan Galaxy Grand Max.

Posisi LG bahkan diperkirakan akan semakin kurang menguntungkan, mengingat Apple baru saja merilis dua senjata andalan barunya, iPhone 6s dan Apple iPhone 6s Plus di Korea Selatan.

LG wajar jika kecewa dengan pencapaian yang mereka raih, karena sejatinya LG V10 dirancang dengan spesifikasi gahar yang tak kalah menariknya dengan flagship milik pesaing mereka.

LG V10 memiliki spesikasi layar 5,7 inci yang dilapisi Gorilla Glass 4, terdapat juga layar kedua sebesar 2,1 inci yang bisa menampilkan notifikasi termasuk tanggal, waktu, dan cuaca.

Pada bagian dapur pacunya disokong chipset Snapdragon 808 hexa-core dengan RAM 4GB, penyimpanan internal 64GB, dan dilengkapi slot microSD hingga kapasitas 2TB, baterai 3000 mAh, dan sudah berjalan dengan OS Android 5.1.

Salah satu fitur andalan smartphone ini ada pada sektor kameranya. Di bagian belakang LG V10 terpasang kamera dengan sensor 16MP OIS yang memiliki aperture f/1.8. Sementara di bagian depan terpasang kamera ganda 5MP dengan lensa lebar.

Meski memiliki bentuk desain yang manis, namun LG V10 tergolong perangkat yang tangguh. Pasalnya, smartphone ini mengantongi sertifikasi MIL-STD-810G, sertifikasi militer yang menjamin LG V10 tahan benturan jika terjatuh. Tak hanya itu, LG juga memberikan lapisan Dura Skin yang menjaganya dari baret.

Dari sisi harga, LG sebenarnya sudah memberikan harga yang cukup kompetitif jika dibandingkan dengan produk sekelasnya. LG V10 dibanderol seharga USD 615 atau sekitar Rp 8,4 juta di Korea Selatan. So, apa yang salah, LG?

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI