telset

LG Optimus VU

LG Optimus VU Nyeleneh, itulah kata yang pertama keluar dari mulut kami ketika melihat desain yang dihadirkan Optimus VU. Bagaimana tidak, ketika banyak vendor mengeluarkan konsep layar 16:9, Optimus Vu malah lari dari tren dan memilih untuk mengusung layar dengan aspek rasio 4:3. Cukup aneh kalau dilihat secara keseluruhan. Body-nya tipis (8,5 mm) tapi lebar (90.4 mm). Agak sulit dioperasikan dengan satu tangan.

Optimus Vu sendiri hadir dengan konsep desain Uni body, dimana bodinya sudah fixed dan tidak dapat dilepas-lepas, bahkan untuk sekadar copot baterai. Bahan yang digunakan mirip dengan LG seri ‘L’ dan LG Prada. Bagian depannya terbuat dari bahan plastik glossy dan dikelilingi bezel berwarna silver. Sementara bagian belakang dibuat ber-tekstur agar lebih lengket saat digenggam.

Untuk layar, Optimus Vu menggunakan tipe IPS dengan diagonal 5 inch beresolusi 1024×768 piksel yang memiliki aspek rasio 4:3. Aspek ratio tersebut cukup nyaman untuk aktifitas browsing dan membaca tapi kurang pas untuk menonton video. Sementara jika dilihat dari sisi kualitas, karakteristik layar Optimus Vu mirip layar iPhone 5, dipersenjatai dengan warna putih yang natural, tingkat kecerahan yang tinggi, meski untuk sudut pandang masih kalah luas dengan smartphone besutan Apple tersebut.

Optimus Vu disandingkan dengan interface LG UI 3.0, user interface terbaru yang dikeluarkan LG Mobile. Ada beberapa perubahan signifikan yang patut di acungkan jempol. Seperti pada layar utama yang terdiri dari 7 layer. Sehingga, Anda bisa memuatkan banyak aplikasi di homescreen tanpa perlu membuat tampilan layar terlihat penuh sesak dan menutupi wallpaper. Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu mencubitnya keluar untuk meniadakan aplikasi yang ada didalamnya. Sedangkan untuk mengembalikannya, tinggal mencubit kedalam.

Menariknya, Anda bisa menggunakan icon yang tersedia atau bisa menggunakan icon yang diambil melalui kamera. Caranya juga cukup mudah, Anda tinggal menekan icon aplikasi yang mau dirubah, lalu tekan hingga keluar tanda kuas di posisi kanan atas icon. Setelah itu pilih icon yang sesuai dengan selera Anda.

Kenyamanan menjelajah internet dengan Optimus Vu bukan hanya karena andil layar 4:3, tapi juga karena dibenamkannya teknologi HSPA+ yang sanggup melewatkan data dengan kecepatan hingga 21 Mbps. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan koneksi WiFi untuk tersambung ke hot spot ataupun membuat hot spot sendiri melalui fasilitas WiFi Tethering.

Optimus Vu juga sudah dilengkapi dengan Bluetooth generasi terbaru (v4.0) dan koneksi kabel via microUSB. Ada juga teknologi NFC yang memungkinkan Anda untuk terhubung ke perangkat lain hanya dengan mendekatkan Vu ke tag ataupun perangkat ber-NFC lainnya. Dari sisi messaging atau proses input pada umumnya, Anda dapat menggunakan dua pilihan keyboard virtual yang telah di kontumisasi. Dan Anda bisa menggunakan format yang didedikasikan untuk memberikan kenyamanan mengetik dengan dua tangan. Atau Anda bisa juga menggunakan format keyboard dengan menggunakan satu tangan. Caranya sangat mudah, tinggal menggeser keyboard yang sudah ada, ke arah kiri atau kanan untuk merubahnya ke dalam bentuk penggunaan satu tangan.

Optimus VU menyediakan dua fasilitas kamera. Untuk kamera depan memiliki resolusi 1.3 megapiksel, sedangkan untuk kamera utama dibekali dengan 8 megapiksel. Kedua kamera dapat digunakan untuk mengambil foto dan video tentunya.
Ada fitur menarik yang diberikan optimus VU. Anda dapat menggunakan fitur ‘Catch Shoot’ yang memungkinkan kamera melakukan pengambilan gambar hingga lima frame sesaat setelah tombol rana (shutter) ditekan. Keuntungan menggunakan fasilitas ini adalah Anda dapat memilih foto terbaik dari lima frame yang diambil. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan ‘Chesee Shoot’. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengambil gambar tanpa menekan tombol rana, syaratnya objek harus mengatakan ‘Cheese’.

Fasilitas video yang ada di Optimus Vu terbilang menarik. Anda bisa memanfaatkan fasilitas Live Zooming ketika video sedang berjalan, lalu ada juga fasilitas untuk mengatur kecepatan video. Sampai pada melakukan finger seek yang memungkinkan Anda untuk melompat pada bagian atau adegan tertentu di tengah video sedang jalan. Caranya cukup mudah, sentuhkan jari pada layar dan sapukan sampai pada bagian adegan tertentu yang diinginkan.

Untuk mendukung kinerja Optimus VU, LG menanamkan prosesor quad core 1.5 GHz Nvidia, tegra 3 yang didukung memori internal berkapasitas 32 GB dan RAM 1GB. Prosesor tersebut diklaim mampu memberikan kinerja tinggi tanpa membuat ponsel rakus akan daya. Dengan kata lain, Optimus Vu bisa dipacu sekencang-kencangnya tanpa perlu khawatir baterai terkuras dalam tempo beberapa jam saja. Dan itu terbukti. Paling tidak, Optimus Vu yang kami coba sanggup hidup lebih dari 24 jam tanpa perlu di charge.

Quick Memo

Quick Memo
Dengan fasilitas ini, Anda bisa mencorat-coret layar untuk membuat memo. Ada beberapa tipe alat coret yang disediakan yakni pen, spidol dan stabile.

Notebook

Notebook
Dengan fitur ini, Anda bisa membuat buku catatan virtual yang covernya bisa digonta-ganti, diberi judul, atau bahkan diganti jenis kertas dan warna latarnya.

Media Home

Media Home
Jika Anda butuh hiburan, menu yang satu ini adalah tempat berlabuh yang paling pas. Anda bisa menonton video, mendengarkan musik atau menampilkan foto-foto secara slideshow.

Spesifikasi

Dimension : 139.6 x 90.4 x 8.5 mm/ 168 gram
Screen : 5.0 inch, HD-IPS LCD capacitive touchscreen
Memory : Internal 32G/No support MicroSD/1GB RAM
Connectivity : HSDPA, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0, NFC, MicroUSB
Camera  : Rear 8 megapiksel, Front 1.3 megapiksel
Processor : Nvidia Tegra 3, Quad-core 1.5 GHz
OS : Android OS, v4.0.4 (Ice Cream Sandwich)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0