telset

LG Optimus L5 E610

Desain Optimus L5 memang terlihat cukup proporsional, dengan dimensi 118.3 x 66.5 x 9.5 mm dan bobot 125 gram. Tidak ada yang berubah untuk tampilan desain, Optimus L5 tetap sama dengan generasi “L” series lainya seperti Optimus L7 dan L3 yang sudah dirilis terlebih dahulu. Hanya saja ukuran yang berubah.

Jangan ragukan lagi untuk urusan layar, Optimus L5 menempatkan layar sebesar 4 inch. Cukup untuk menandingi smartphone kelas atas lainnya. LG Optimus L5 yang kami review kebetulan memiliki penampakan yang cukup elegan dengan warna putihnya. Pada pojok kiri atas terdapat sensor proximitas, dan di tengah atas terdapat ear piece yang bentuknya memanjang. Seperti biasa logo LG terdapat di bagian atas layar. Tombol home ada di bagian tengah bawah dan diapit oleh tombol kapasitif back dan menu.

Kesan elegan hadir pada bagian cover penutup baterai. Penutup baterai terbuat dari bahan plastik bertekstur grip yang membuat nyaman di genggam. Tampilan elegan juga diperlihatkan disekeliling ponsel ini. Dilengkapi dengan bezel berwarna chrom yang semakin menonjolkan desain elegan. Tidak heran LG memberikan nama Premium L-Style Design untuk jajaran L-Series mereka.

Meski tergolong kasta menengah Optimus L5 sudah menggunakan OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich sama seperti Optimus L7. Antar mukanya menggunakan LG UI 3.0 yang merupakan antar muka terbaru dari LG. Pada halaman lock screen terdapat informasi standar pada status bar seperti baterai, network, WiFi, waktu, dll. Selain itu halaman lock screen dapat dikustomisasi dengan berbagai widget dan jalan pintas yang dapat diatur sesuai keinginan pengguna. Yang unik dari antar muka besutan LG ini adalah halaman notifikasi yang dapat di edit untuk mengubah susunan notifikasi yang ada didalamnya. Nice!

Tidak jauh berbeda dengan smarphone Android lainnya, Optimus L5 memiliki beberapa cara komunikasi. Seperti menggunakan SMS, MMS, Gmail, Email dan GTalk. Hampir semua fiturnya sama dengan ponsel Android kelas atas. Selain itu banyak aplikasi pihak ketiga yang mendukung komunikasi Anda, seperti WhatsApp, Line, YM, dan lain sebagainya.
Semua sarana komunikasi tidak jalan kalau tidak memiliki jalur jaringan yang mumpuni. Optimus L5 menggunakan jaringan HSDPA dengan kecepatan 7.2 Mbps. Tidak hanya jaringan operator, smartphone ini juga dilegkapi dengan sarana WiFi dimana buat pengguna yang memiliki banyak gadget bisa sharing jaringan dari WiFi hotspot.

Optimus L5 disupport dengan kamera utama yang memiliki resolusi 5 megapiksel yang dilengkapi dengan LED flash. Untuk tampilan interface kamera tidak ada yang spesial. Optimus L5 memberikan dua lokasi bar untuk menu. Pada bar sebelah kanan terdapat peralihan menu dari video ke kamera, tombol kamera serta menu gallery. Sedangkan untuk posisi kiri layar, Anda dapat memanfaatkan beberapa fasilitas yang terdapat di Optimus L5. Sedikit aneh untuk tombol zoom disatukan dengan tombol virtual lainnya yang biasanya menggunakan tombol volume.

Ada beberapa fasilitas yang dapat dimanfaatkan seperti modus pengambilan gambar terdapat 3 macam yaitu Normal, Panorama, dan Continuous shot (mengambil beberapa foto sekaligus namun resolusi diturunkan menjadi VGA). Kamera ini juga memberikan pilihan pada scene mode yang dapat dipilih seperti portrait, Landscape, Sports, Sunset dan Night. Untuk mengatur gambar Anda juga dapat menggunakan fasilitas seperti ISO, white balance, dan colour effect.

Untuk hasilnya sendiri, menurut kami cukup memuaskan. Ada beberapa kondisi yang kami coba seperti di outdoor hasilnya cukup baik. Sedangkan di indoor hasil baik tetapi lensa agak susah menerjemahkan kondisi cahaya sehingga agak sedikit gelap meski saat diambil kondisi cahaya dalam ruangan cukup terang.

Untuk sarana hiburan, Optimus L5 dilengkapi dengan video recording yang hanya memiliki resolusi VGA dengan daya rekam 30fps. Sedangkan untuk pemutar videonya cukup menyenangkan pasalnya bisa memutar format DivX untuk mendapatkan hasil gambar yang cukup baik. Tetapi sayang dari beberapa format yang kami coba seperti Avi, MP4 semua hanya bisa dengan resolusi VGA saja.

Untuk urusan hiburan tidak hanya sarana menonton film saja yang di sajikan. Untuk memanjakan kuping Anda, Optimus L5 juga menyediakan music player dan radio FM. Untuk music player cukup simple dengan penempatan beberapa menu kategori musik yang dapat memudahkan pencarian musik favorit. Tetapi untuk suara tidak terlalu membaggakan meski sudah menggunakan earphone yang cukup bagus.

Untuk harga dibawah 2 juta, kami pikir Optimus L5 sudah sebanding dengan performa yang diberikan. Dilengkapi dengan prosesor berkecepatan 800 MHz dan didukung memori internal 4GB yang bisa ditambah menggunakan microSD hingga 32 GB. Untuk tampilan layar Optimus L5 juga hanya menggunakan Adreno 200.

Quick Memo
Fasilitas ini akan memudahkan Anda untuk membuat catatan. Tidak perlu lari ke menu, Anda tinggal ke bar notifikasi dan pilih menu “Quick memo”.

SmartShare
Dengan menggunakan aplikasi ini Optimus L5 dapat digunakan sebagai media center untuk sharing file ke beberapa perangkat seperti TV dan PC.

LG UI 3.0
Antarmuka LG terbilang unik, karena dapat memudahkan pengguna untuk menempatkan beberapa fasilitas yang dapat digunakan dengan menggeser bar notifikasi.

Spesifikasi

Dimension : 118.3 x 66.5 x 9.5 mm/ 125 gram
Screen : 4.0 inch, 320 x 480 Piksels, Capacitive touchscreen, 16M colors
Memory : Internal 4GB/Support MicroSD Up to 32GB/ 512MB RAM
Connectivity : HSDPA, WiFi, Bluetooth, NFC, microUSB
Camera  : Rear 5 megapiksel, Front No
Processor : Qualcomm MSM7225A Snapdragon, 800 MHz Cortex-A5
OS : Android OS, v4.0 (Ice Cream Sandwich)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0