LG G Pro Lite

LG-G-pro-lite-(1)

Desain

LG G Pro Lite termasuk kategori phablet karena layarnya seluas 5.5 inch yang terhampar di sisi depan. Meski demikian, salah satu vendor asal Korea ini cukup jitu mengemas LG G Pro Lite sehingga tidak membuatnya terlihat bongsor. Bahkan, kami masih merasakan kenyamanan ketika menggenggam LG G Pro Lite dengan satu tangan. Tubuh phablet ini didominasi oleh material plastik glossy.  Kesan mewah dan elegan muncul dari pancaran LG G Pro Lite edisi warna putih yang mendarat di meja redaksi. Hanya saja, dengan bahan yang digunakan ini, jejak jari akan tertinggal ketika Anda menyentuhnya.

Pada bagian bawah layar, Anda akan melihat 4 tombol sentuh yang terdiri dari back, Home, Menu, dan tombol pengaturan dual SIM. Tidak banyak tombol fisik yang menghiasi setiap sisi LG G Pro Lite. Kami hanya menemukan tombol power yang duduk manis di sisi kanan, tempat menyimpan stylus di sudut kanan atas, tombol volume di sisi kiri, dan tombol quickmemo yang terpasang secara default. Sebagai catatan, tombol shortcut menuju QuickMemo dapat diganti dengan shortcut lain. Bagi yang suka fotografi, kami sarankan untuk mengaturnya sebagai tombol kamera. Namun, bagi yang suka musik, kami sarankan untuk memasangnya sebagai shortcut mengakses fitur music player.

Bila Anda beralih ke sisi belakang phablet ini, Anda akan melihat cover penutup yang bisa dibuka. Yup! LG G Pro Lite memang tidak mengusung desain unibody. Pada sisi ini, LG menyematkan lensa kamera dan LED flash sebagai cahaya tambahan. Jika cover penutup ini dibuka, Anda akan melihat baterai yang dapat dilepas, dua slot SIM Card yang didesain bertumpuk, serta slot untuk memori card eksternal. Slot untuk SIM Card dan memori card dibuat dengan model hotswap.

 

Display

Dengan ukuran 5,5 inch, Anda akan lebih leluasa mengoperasikan phablet ini. Terlebih bazel layar yang tipis juga memberikan kesan simple. Untuk melindungi layar dari goresan, phablet ini sudah dibekali dengan Gorila Glass 2. Anda bisa tenang bila meletakkan LG G Pro Lite di dalam tas bersama peralatan Anda yang lain. Layar LG G Pro Lite yang hanya beresolusi 960 x 540 pixel ini  dimaksimalkan dengan teknologi IPS sehingga kualitas warna, kecerahan, kontras, dan saturasi tetap memuaskan mata Anda.

Biasanya, tingkat kecerahan layar akan mempengaruhi lamanya “nyawa” gadget. Selain untuk menghemat konsumsi baterai, layar dengan kecerahan yang terlalu tinggi akan menyilaukan bila digunakan di dalam ruangan tetapi sangat membantu ketika digunakan di bawah terpaan sinar matahari. Sangat disayangkan, LG tidak membenamkan light sensor sehingga Anda harus mengatur tingkat kecerahan itu secara manual.

Yang menarik, LG membawa fitur khusus untuk menemani kemampuan layar phablet ini. Hadirnya fitur Knock On yang bisa Anda temui di dalam menu setting memungkinkan Anda untuk menghidupkan atau mematikan layar hanya dengan mengetuk layar sebanyak dua kali. Dengan begini, Anda tidak perlu menggerakan jari ke sisi kanan untuk mencari tombol power.

Screenshot_2013-12-08-06-59-06

Screenshot_2013-12-09-00-01-38   Screenshot_2013-11-28-06-26-00

 

 

 

 

 

 

 

 

Fitur

LG sudah memberikan berbagai fitur untuk mendukung kinerja phabletnya. Beberapa fitur pendukung bisa Anda temui untuk membantu Anda dalam beraktivitas sehari-hari. Misalnya saja fitur QuickRemote yang bisa menyulap LG G Pro Lite menjadi universal remote untuk TV, DVD player, dan perangkat elektronik lainnya yang memiliki infrared.

Selain itu, hadir pula QuickMemo, fitur yang berguna bagi Anda yang ingin menerjemahkan bahasa asing ke dalam bahasa yang Anda mengerti. Ini merupakan kemampuan dari QuickTranslator yang bisa Anda temui pada LG G Pro Lite. Penggunaannya sederhana karena Anda tidak perlu mengetik ulang setiap kata yang Anda baca karena fitur ini mengandalkan teknologi optical character recognition (OCR). Anda hanya perlu membuka QuickTranslator lalu membidik kata, kalimat, atau paragraf yang ingin diterjemahkan lewat medium kamera.

Bila suatu hari menemukan teman Anda sedang mengenakan baju yang bagus menurut And dan terinspirasi untuk memodifikasi baju tersebut, segeralah untuk memotretnya dengan G Pro Lite. Hasil gambar yang tersimpan bisa dicoret-coret untuk memberi keterangan untyuk mengubah detil, corak, ataupun warna baju. Kemampuan ini bisa dilakukan dengan mudah berkat adanya fitur QuickMemo. Yup! Fitur ini akan membuat layar phablet ini seperti kertas yang bisa dicoret. Anda bisa gunakan jari Anda atau gunakan stylus yang sudah disediakan LG. Bukan hanya untuk mencoret-coret galery, fitur ini bisa diaktifkan pada semua tampilan layar, termasuk pada halaman website. Nice!

Fitur lain yang juga berguna adalah GuestMode. Sangat menyebalkan isi gadget diacak-acak oleh teman ataupun pengguna lain. Atau, ada rahasia penting yang Anda simpan di dalam gadget dan tidak boleh dilihat orang lain. Anda bisa lindungi isi LG G Pro Lite dengan memanfaatkan fitur ini. Sebelum memanfaatkan fitur ini, Anda harus mengatur lock screen model pattern. Nah! Di sini GuestMode akan bekerja. Anda akan menyimpan dua pola untuk membuka kunci. Pola yang satu untuk Anda sendiri dengan tampilan yang lengkap. Sedangkan pola yang satunya lagi khusus untuk “tamu” yang bisa Anda pilih fitur dan aplikasi apa saja yang bisa diakses.

Screenshot_2013-11-28-07-03-12

Screenshot_2013-12-08-17-42-18Screenshot_2013-12-08-23-37-07

 

 

 

 

 

 

 

 

Performa

Untuk mendukung performa LG G Pro Lite, prosesor dual-core sebesar 1 GHz keluaran MediaTek dan RAM sebesar 1 GHz diharapkan dapat memberikan kinerja yang maksimal. Kami cukup puas dengan kemampuan dalam mengeskekusi setiap perintah dengan cepat. Saat kami coba memainkan game berjudul Asphahlt8: Airbone, lajunya game terasa mulus dan lancar. Hampir tidak ada lag yang mempengaruhi aksi balapan di dalam game ini.

Selain dukungan prosesor, kehebatan LG G Pro Lite juga terlihat dari teknologi Dual SIM On yang diadopsinya. Biasanya, smartphone atau phablet dengan kemampaun dual SIM On menampilan dua ikon yakni SIM Card1 dan SIM Card2 untuk mengirim pesan atau melakukan panggilan telepon. LG menyederhanakan tampilan ini pada tampilan di layarnya. Mereka menggantinya dengan tombol pengaturan SIM yang bisa Anda temui di bawah layar. Eits! Bukan berarti SIM Card yang bisa diaktifkan hanya salah satu dari SIM Card yang Anda masukan ke dalamnya. Anda tetap bisa menerima panggilan telepon dan SMS dari kedua nomor ponsel yang Anda gunakan. Hanya saja, untuk menentukan layanan operator mana yang hendak Anda gunakan untuk melakukan panggilan keluar atau SMS dilakukan dari tombol ini.

Kamera

Untuk fotograri, LG sudah menyiapkan kamera beresolusi 8 megapixel pada LG G Pro Lite yang bisa Andalkan. Di dalamnya sudah diperkaya dengan sejumlah fitur yang bisa Anda gunakan. Salah satunya dalah tersajinya berbagai mode pengambilan gambar seperti panorama, continuous shot, beauty shoot, sports, dan night. Anda juga bisa mengatur ISO, white balance, atau memanfaatkan colour effect untuk menghasilkan foto sesuai dengan selera Anda.

Meski tidak dilengkapi dengan tombol terdedikasi kamera kamera, ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk mulai membidik gambar. Selain mengatur tombol kecil yang tersemat di sisi kiri phablet sebagai tombol untuk fitur kamera, Anda bisa membidik gambar dengan menggunakan suara Anda. Katakan “cheese”, “smile”, “whiskey”, “LG”, atau “kimci” kepada LG G Pro Lite, lalu kamera akan membidik gambar dengan cepat. Fitur ini juga bisa digunakan bila Anda memanfaatkan kamera depan yang beresolusi 1,3 megapixel Jangan lupa untuk menyentuh layar supaya objek yang hendak dijepret menjadi fokus. Cheese!

Selain untuk memotret, kamera 8 megapixel yang dimiliki LG G Pro Lite juga bisa digunakan untuk merekam dengan resolusi maksimum sebesar 1280×720 piksel. Anda juga bisa memanfaatkan fitur colour effect agar hasil rekaman terlihat tidak biasa.

 

Bechmark

AnTuTu            : 8373

Vellamo           : 1676

NenaMark 2      : 24,6 fps

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI