telset

Lebih dari 10.000 Akun Facebook Dihacked

Jakarta – Situs jejaring sosial Facebook ternyata juga tak luput dari serangan hacker. Trend Micro, perusahaan dibidang keamanan global melaporkan lebih dari 10.000 akun Facebook telah di-hack dan dipublikasikan tanpa seizin pemiliknya.

Puluhan ribu akun Facebook yang di hack tersebut diposting ke dalam layanan berbagi file di Pastebin. Pembajakan akun Facebook tersebut dilakukan oleh sekelompok grup hacking  yang diberi nama Tim Swastika.

Pembajakan ini bukanlah yang pertama kali karena beberapa waktu lalu mereka juga mempublikasikan database yang dicuri dari website Kedutaan Besar India di Nepal dan pemerintahan Bhutan, melalui serangkaian serangan terhadap SQL.

Tim Swastika telah melakukan dua kali posting terhadap ribuan credential data Facebook yang mereka hack. Postingan pertama di awal Oktober lalu mereka masukkan ke dalam beberapa forum underground, sisanya ke dalam layanan berbagi file, Pastebin, ujar Rik Ferguson, peneliti keamanan senior dari Trend Micro dalam keterangan resminya yang dilansir Engadget, Senin (24/10).

Ia juga menghitung bahwa dalam enam bulan terakhir, Trend Micro telah mengobservasi bahwa pertumbuhan malware yang menyerang ponsel berbasis Android telah meningkat 14 kali.

Untuk itulah Trend micro menyarankan bagi pengguna akun untuk menggunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap akun sosial media yang dimiliki.[tsn/hbs]{jcomments on}

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0