Lazaridis : BlackBerry 10 Tak Butuh Eksklusivitas BBM

mike_lazaridis.jpg.size.xxlarge.letterboxJakarta – Tidak lama lagi, layanan pesan instan ala BlackBerry bisa digunakan di smartphone Android dan iOS. Pendiri BlackBerry, Mike Lazaridis, meyakini bahwa perangkat tersebut akan siap merangkul BlackBerry Messanger (BBM) saat eksklusivitas aplikasi instant messaging ini sudah dilepas.

Layanan instant messaging ini digunakan oleh 60 juta pelanggan BlackBerry di seluruh dunia. BBM telah melayani lebih dari 10 milyar pesan perhari. Menawarkan aplikasi ini untuk platform lain dipandang sebagai pertaruhan yang besar karena perusahaan akan kehilangan kontrol atas layanan andalannya.

Hal yang patut dikhawatirkan adalah bagaimana perusahaan akan mendapatkan keuntungan penghasilan jika aplikasi BBM bisa digunakan di platform lain secara bebas. Bisa jadi, BBM cross platform dijadikan sebagai ladang bagi para pengiklan yang ingin mensponsorinya, seperti yang dikatakan Lazaridis lewat Bloomberg, Kamis (25/5).

Ditambahkan pula olehnya, keputusan Thorsten Heins, CEO BlackBerry, untuk mengubah layanan pesan instan mereka menjadi aplikasi yang berdiri sendiri menunjukkan bahwa BlackBerry 10 telah berkembang dan tidak membutuhkan eksklusivitas layanan pesan seperti BBM.

Walaupun potensi iklan bisa diharapkan, Alexander Peterc, analis dari Exane BNP Paribas, tetap tidak yakin dengan keputusan BlackBerry ini. Ia melihat, hilangnya layanan eksklusif yang BlackBerry miliki merupakan salah satu ancaman yang nyata. (lkh/hz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0