telset

Layanan Data XL Sumbang 18% Total Pendapatan

Jakarta – PT XL Axiata (XL) hari ini mengumumkan laporan audit kinerja perusahaan untuk periode kuartal I 2012. XL berhasil mencatat peningkatan pendapatan perusahaan sebesar 9 persen (YoY) menjadi Rp4,96 triliun.

Peningkatan pendapatan XL ini didorong oleh semakin bertumbuhnya layanan data milik anak perusahaan Axiata Group tersebut yang tercatat tumbuh sebesar 71 persen (YoY). Sementara layanan SMS mengalami pertumbuhan sebesar 18 persen (YoY) dan layanan suara hanya tumbuh seberar 4 persen (YoY).

Fokus kami pada layanan data menunjukkan hasil yang baik yaitu adanya peningkatan pemakaian layanan data, sehingga kontribusi pendapatan layanan data terhadap total pendapatan meningkat dari 12 persen pada tahun lalu menjadi 18 persen di tahun ini, kata Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (30/4).

Ia mengungkapkan, XL berhasil mendorong pertumbuhan pada layanan percakapan agar tidak tergantikan dengan layanan data, dimana untuk kali pertama selama 4 kuartal terakhir layanan percakapan menunjukkan pertumbuhan yang positif.

Disebutkannya, saat ini pengguna layanan data XL telah mencapai 27,9 juta pelanggan atau meningkat sebesar 50 persen dan telah mencapai 60 persen dari total pelanggan XL. Sementara pelanggan BlackBerry XL telah tumbuh sebesar 185 persen (YoY).

Namun XL menderita penurunan laba bersih sebesar 11 persen di kuartal I 2012, menjadi Rp 667,207 miliar dari tahun sebelumnya dengan periode yang sama Rp 756,052 miliar akibat tingginya beban operasional.

Selain itu, XL di kuartal I 2012 ini juga mencatat pembayaran untuk belanja modal sebesar Rp1,76 triliun dan mempertahankan arus kas positif sebesar Rp346 miliar. Pada kuartal I 2012 ini juga terdapat beberapa pembiayaan kembali hutang dan perjanjian pinjaman Bank yang baru di bulan Maret 2012 dengan BCA yang telah dicairkan sebesar Rp1,1 triliun.

Hal ini menyebabkan total hutang XL meningkat dari Rp9 triliun di kuartal I 2011 menjadi Rp11,5 triliun di kuartal peratama tahun ini. Akan tetapi, posisi keuangan XL tetap sehat pada kuartal I 2012.

XL juga berhasil memperluas infrastruktur jaringannya dengan memperbanyak Node B dan BTS (base transceiver station) secara nasional. Kami bangga untuk menyampaikan bahwa kami telah berhasil membangun 1.588 Node B dan 871 BTS 2G di 1Q12, sehingga total keseluruhan sebanyak 30.372 BTS (2G/3G, pungkas Hasnul. [hbs]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0