Israel Bikin “Lampu Zombie” Biar Pejalan Kaki Gak Ketabrak

Telset.id, Jakarta – Pemerintah Kota Tel Aviv, Israel memasang lampu LED khusus di trotoar jalan raya. Lampu tersebut bernama Lampu Zombie yang berfungsi untuk melindungi para pejalan kaki yang berjalan tanpa bisa lepas dari penggunaan ponsel.

Kepala Divisi Manajemen Lalu Lintas Kota Tel Aviv-Yafo, Tomer Dror mengatakan, lampu itu dipasang di trotoar sebelum penyeberangan jalan atau zebra cross. Dengan begitu, mereka yang masih sibuk mengoperasikan ponsel tahu kapan berhenti.

“Lampu lalu lintas Zombie sengaja kami pasang untuk meminimalisasi potensi kecelakaan antara kendaraan bermotor dengan pejalan kaki yang kerap lalai di persimpangan jalan,” kata Tomer Dror, seperti dikutip Telset.id dari Reuters, Jumat (15/03/2019).

{Baca juga: Di China Ada Jalur Khusus Pejalan Kaki Sambil Main Ponsel}

Ia menyampaikan, lampu bergaris akan menjadi hijau ketika aman untuk berjalan. Kemudian, lampu Zombie akan berwarna merah saat pejalan kaki harus berhenti. Sistem kerjanya seperti traffic light atau lampu lalu lintas di setiap persimpangan jalan raya.

Menurut Tomer Dror, untuk saat ini program percontohan Lampu Zombie masih terbatas di persimpangan tunggal di pusat Tel Aviv. Pemerintah kota berencana memperluas penggunaan Lampu Zombie jika memang terbukti berfungsi efektif.

{Baca juga: Google Mulai Uji Fitur Baru Google Maps Berteknologi AR}

Sekadar informasi, sistem serupa juga telah diterapkan oleh pemerintah Australia, Singapura, dan Belanda. Sejauh ini, laporan menyebut, sejumlah warga yang mengaku kecanduan bermain ponsel juga menyambut baik keberadaab lampu tersebut.

“Menurut saya, ini sesuatu yang luar biasa. Sebagai seseorang yang kecanduan ponsel dan sepanjang hari mata terpaku di layar, saya pikir keberadaan Lampu Zombie bisa mengurangi jumlah kecelakaan pejalan kaki,” kata seorang warga Tel Aviv, Shai Levi. (SN/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI