(Lagi) Layanan BlackBerry Messenger Down

ilustrasi
ilustrasi

Jakarta – Layanan BlackBerry Messenger (BBM) kembali bermasalah. Layanan pesan instant tersebut diketahui sejak Minggu malam (12/5) hingga Senin (13/5) dini hari tadi down sehingga tidak dapat digunakan.

Dari pantauan telsetNews, gangguan mulai terjadi sekitar pukul 21.00 WITA, dimana saat itu para pengguna BlackBerry untuk semua jaringan operator di Indonesia tak bisa mengirimkan pesan melalui layanan BBM.

Gangguan mulai diketahui setelah banyak pengguna layanan BBM mendapati pesan ‘Unable to Connect You need a data plan to use BBM. Please contact your service provider for details, sesaat setelah mengirimkan pesan.

Ketika coba dikonfirmasi ke beberapa operator, didapati jawaban bahwa memang telah terjadi untuk layanan BBM. Petugas call center Telkomsel 133 yang dihubungi menyebutkan telah terjadi gangguan di server BlackBerry.

Sementara operator Indosat melalui akun Twitter-nya, @IndosatCare mengonfirmasi masalah ini melalui pesan ke beberapa pengguna. “Mohon maaf, saat ini sedang dilakukan pemeliharaan sistem dari RIM, silahkan bisa coba kembali 2 jam kedepan ya,” tulis akun tersebut.

Hal senada juga diberikan operator XL melalui akun Twitter, @XLCare, dengan pesan: “Tweepscare, saat ini sedang ada optimalisasi untuk akses layanan Blackberry dan Internet, akan kami update kembali jika sudah selesai. Thanks.” tulis XL.

Ganggun ini ternyata tak hanya terjadi di Indonesia, karena menurut keterangan yang didapat dari beberapa blog teknologi di luar, ganggua ini terjadi di sejumlah negara Asia Pasifik.

Menurut CrackBerry, salah satu blog yang menginformasikan masalah gangguan ini, beberapa negara yang mengalami layanan BBM adalah, Indonesia, Australia, Hong Kong, Thailand, India, Filipina, Singapura, Vietnam dan Malaysia.

Gangguan pada layanan BlackBerry sebenarnya bukanlah “cerita baru”, karena memang sebelumnya sudah beberapa kali terjadi. Menurut pihak Kominfo, sepanjang 2012 lalu, layanan BlackBerry mengalami gangguan sebanyak 3 kali di Indonesia.

Gangguan Pertama tahun 2012 terjadi pada layanan email BlackBerry di akhir Maret 2012. Kemudian gangguan Kedua masih soal layanan email BlackBerry terjadi pada 15 Agustus 2012. Dan yang Ketiga terjadi pada 2 Oktober 2012 gangguan layanan BBM.

Dan gangguan layanan BBM ini merupakan yang pertama terjadi di tahun 2013. Hingga berita ini ditulis, masih belum ada keterangan resmi dari pihak BlackBerry Indonesia mengenai penyebab terjadinya gangguan pada layanan BBM mereka. [HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0