telset

Kwartu, Kartu Nama Digital Berbasis Android

Kwartu, kartu nama digital berbasis Android
Kwartu, kartu nama digital berbasis Android

Jakarta – Keterbatasan kartu nama tradisional semakin mencolok ditengah perkembangan dunia yang serba digital. Sebuah startup muncul merevolusi kartu nama, dari yang hanya ada di dompet, kini bisa disimpan pada perangkat smartphone.

Adalah Nurmanjaya, seorang anak negeri yang merevolusi kartu nama tradisional ke dalam bentuk digital dengan nama ‘Kwartu’.

Kwartu adalah kartu nama digital yang terdiri dari aplikasi bergerak (mobile apps) yang terpasang di perangkat telepon seluler dan website (www.kwartu.com).

Tampilan Kwartu tak berbeda dengan kartu nama biasa. Di kartu nama digital ini kita bisa temukan nama, jabatan, alamat dan nomor telepon. Istimewanya, selain data-data pokok tersebut, Kwartu menyediakan tautan atau link untuk langsung terhubung ke akun email, facebook, twitter, linkedin, youtube, blog dan lain sebagainya.

Nurmanjaya, penggagas Kwartu mengatakan bahwa ide awal ia membuat aplikasi ini datang ketika ia kewalahan mencari kontak dari kartu nama biasa.

“Kartu nama digital akan lebih mudah dan sedia setiap saat ketimbang kartu nama biasa. Selain itu, Kwartu tidak menggunakan kertas, sehingga cocok dengan semangat pelestarian lingkungan hidup,” kata Nurmanjaya di Jakarta, Rabu (13/2).

Menurutnya, Kwartu sangat personal. Anda dapat memilih sendiri desain, tata letak, jenis dan warna huruf, serta mengisi data-data yang akan dicantumkan pada Kwartu. Semua itu bisa diubah setiap kali Anda menginginkannya.

Hampir semua bagian yang ada pada Kwartu merupakan gerbang menuju link-link tertentu. Bila bagian nama disentuh, akan muncul deretan link ke website, blog, akun social media, dan akun-akun lain yang terkait dengan nama bersangkutan.

Demikian juga apabila bagian nomor telepon disentuh, akan muncul dial pad yang siap untuk menyambungkan panggilan telepon. Sementara bila bagian alamat email disentuh, akan muncul pilihan email client yang akan menampilkan format email yang siap ditulis.

Tak hanya itu, apabila bagian alamat lokasi atau domisili disentuh, akan muncul pilihan Google Maps yang akan menghadirkan peta lokasi dari alamat tersebut.

“Apapun yang diubah pada Kwartu akan diperbaharui seketika (real time) di semua telepon selular yang menyimpannya. Tak ada lagi nomor telepon atau alamat yang kadaluwarsa,” pungkas Nurman.

Namun sayangnya, Kwartu saat ini hanya tersedia untuk perangkat Android. Sementara untuk perangkat dengan platform lainnya, disebutkan akan segera menyusul.[hbs]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0