telset
spot_img

Kurang Laku, BlackBerry Tidak Masuk Pasar Jepang

CEO BlackBerry Thorsten Heins saat acara peluncuran BB10
CEO BlackBerry Thorsten Heins saat acara peluncuran BB10

Jakarta – BlackBerry baru saja meluncurkan sistem operasi terbarunya beserta perangkatnya. Namun perusahaan asal Kanada itu dikabarkan untuk sementara tidak akan mengirimkan smartphone terbarunya itu ke pasar Jepang.

Menurut laporan surat kabar Nikkei, pihak juru bicara BlackBerry sudah mengkonfirmasi bahwa BlackBerry akan menarik diri dari pasar Jepang untuk sementara waktu.

“Kami sedang dalam proses peluncuran BlackBerry 10 secara global di pasar-pasar utama, dan kami hanya menargetkan negara peluncuran dengan melihat permintaan yang positif,” ujar juru bicara Amy McDowell seperti dikutp telsetNews dari AllThingsD, Jumat (8/2).

“Jepang tidak menjadi pasar utama bagi BlackBerry dan kami tidak mempunyai rencana untuk meluncurkan perangkat BlackBerry 10 di Jepang untuk saat ini,” sambungnya.

Dengan pernyataan tersebut, BlackBerry melihat Jepang bukan pasar utama yang potensial. Pangsa pasar BlackBerry di Jepang memang mengalami penurunan sehingga sulit mengalami peningkatan.

Pengapalan domestik untuk produk smartphone di Jepang melonjak hingga 40% selama setahun, dan mencapai rekor 14 juta unit pada priode April-September lalu. Namun penjualan BlackBerry terus menurutn drastis.

Menurut sumber anonis yang dikutip Nikkei, sejak Juni 2012 nama BlackBerry telah dikartegorikan sebagai “otherphone”, karena hanya memiliki pangsa pasar sebanyak 0,4% atau total hanya memiliki pengguna sebanyak 24 juta orang.

Kenyataan ini membuta BlackBerry menjadi sangat sulit bersaingan untuk meraih pangsa pasar di negeri matahari terbit tersebut.

Seperti diketahui, pada akhir bulan lalu BlackBerry (sebelumnya Research in Motion/(RIM) meluncurkan sistem operasi terbarunya BlackBerry 10 beserta dua perangkatnya Z10 dan Q10.[lkh/hbs]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0