Kurang Inovatif, Pamor Apple Meredup

Steve Jobs di depan Apple Store
Steve Jobs di depan Apple Store

Jakarta – Meski masih dipandang sebagai salah satu kekuatan teknologi dunia, namun di mata sebagian besar investornya, ternyata Apple mulai turun pamor. Alasan utamanya adalah, karena Apple sudah tidak lagi inovatif dibandingkan pesaingnya.

Apple boleh menyabet predikat sebagai perusahaan paling berharga, namun ternyata predikat itu tidak membantu Apple untuk bisa mendapat ‘penghargaan’ dari para investornya sendiri.

Menurut hasil survey yang dilakukan Bloomberg, ada sebanyak 71% dari investor yang menyatakan Apple telah kehilangan pamornya sebagai inovator industri.

Dan jika dipilah berdasarkan wilayah, 83% investor di Asia dan 74% di Eropa menilai Apple kehilangan inovasi. Sementara di AS yang merupakan kandang Apple, ada  63% yang menilai Apple telah kehilang arah.

Meski begitu, masih ada 43% yang meyakini masalah itu hanya akan berlangsung sementara saja. Dan sebanyak 23% responden masih percaya Apple perusahaan paling terkemuka di dunia teknologi.

” Mereka (Apple) masih punya brand yang kuat. Saat ini mereka memang kehilangan momentum, namun mereka masih bisa mengubahnya,” kata Lionel Mellul, kepala Sunrise Broker yang dikutip telsetNews dari Telegraph, Senin (20/5).

Dalam satu dasawarsa belakang, Apple berhasil memimpin industri dengan berbagai produk-produknya yang inovatif, seperti iPod, iPhone dan iPad. Namun sepeninggal Steve Jobs, belum ada lagi inovasi produk baru yang fenomenal seperti ketiga produk tadi.

Di lain sisi kompetitor Apple yang menggunakan Android mulai melakukan perlawanan lewat produk mereka yang lebih inovatif. Tekanan hebat dari para pesaingnya ini  membuat Apple mulai kewalahan.

“Apple saat ini kurang berinovasi lagi. Ada perusahaaan seperti Samsung yang sekarang memimpin, sehingga membuat Apple terlihat seperti tertinggal,” ujar Gala Prada, analis dari Fiatc Seguros.[HBS]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0