Kuasai 90% Pasar, Nokia Masih Rajanya Windows Phone

Nokia Lumia 520
Nokia Lumia 520

Jakarta – AdDuplex, promotion network terbesar untuk Windows Phone dan Windows 8 baru saja merilis laporan terbaru penyebaran Windows Phone di seluruh dunia. Dari seluruh perangkat Windows Phone, Nokia masih mendominasi, dengan menguasai hampir 90 persen pasar.

AdDuplex mencatat, smartphone Nokia Lumia yang menjalankan Windows Phone 8 menguasai hampir 90% dari keseluruhan platform Windows Phone 8 di seluruh dunia. Atau naik 5% dari sebelumnya di bulan Juni, dan 3% lebih tinggi dari bulan Agustus.

Pangsa pasar produsen ponsel Windows Phone 8

Begitu besarnya Nokia mengusai pangsa pasa Windows Phone tidaklah mengherankan, karena saat ini mitra Microsoft lainnya masih belum terlalu banyak merilis handset Windows Phone dibanding Nokia.

Tercatat hanya ada 3 vendor yang bisa dibilang menjadi pesaing Nokia di pasar Windows Phone, yakni HTC (7,7%), Samsung (1,8%), dan Huawei (1,2%). Jika melihat angka statistik  tersebut, masih akan sangat sulit ketiga vendor ini untuk bisa bersaing dengan Nokia.

Pangsa pasar perangkat Windows Phone 8

Sementara itu dari data adduplex yang telsetNews kutip dari GSMArena, Minggu (20/10), handset Nokia harga terjangkau, Lumia 520 menyumbang angka terbesar bagi Nokia dengan menguasai 32,8% pangsa pasar perangkat Windows Phone 8.

Jika dibandingkan pencapain pada bulan Agustus lalu, ada kenaikan hampir 6%. Selain Lumia 520, perangkat Windows Phone 8 dari Nokia lainnya yang juga cukup banyak diminati adalah Lumia 920, 620 dan 720.

Pangsa pasar OS Windows Phone

Mengingat Windows Phone 7 telah ‘mati’ selama lebih dari satu tahun ini, maka Windows Phone 8 berhasil terdongkrak naik dengan mendominasi pasar sebanyak 70,9% dari seluruh perangkat Windows Phone. Sementara Windows Phone 7 kini hanya berhasil meraih 29,1% market share.

Pangsa pasar perangkat Windows Phone

Yang menarik dari laporan ini adalah, tidak munculnya seri Nokia Lumia 1020 dalam setiap grafik laporan manapun. Padahal handset ini sudah dirilis sejak beberapa bulan lalu, bahkan sempat mengalahkan Lumia 928 pada awal Agustus. Namun jika melihat laporan terbaru, nampak Nokia 1020 telah gagal di pasaran.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI