Kualitas Internet di Kota Sorong Terbaik di Indonesia

Telset.id, Jakarta Kualitas internet Indonesia, khususnya untuk kebutuhan streaming video berbeda-beda di masing-masing kota. Berdasarkan laporan terbaru, kualitas internet untuk streaming video di kota Bekasi menjadi yang terbaik di pulau Jawa dan kota Sorong terbaik di Indonesia.

Dilansir Telset.id dari laman resmi OpenSignal, Rabu (03/06/2020), terdapat 44 kota di Indonesia yang diteliti. OpenSignal mengukur pengalaman streaming video pengguna smartphone dengan skala 0 sampai 100.

Menurut OpenSignal, Sorong menjadi kota dengan kualitas internet untuk streaming video terbaik di Indonesia. Kota di provinsi Papua Barat tersebut mendapat poin 68,1 dan masuk ke dalam kategori sangat baik.

Selain Sorong, ada Ambon, kota Jayapura, dan Tarakan yang memiliki kualitas internet untuk streaming video terbaik di Indonesia dengan skor 67,4 , 65, dan 64,2 poin.

{Baca juga: Peneliti Australia Rasakan Internet Tercepat di Dunia, Berapa?}

“Pengguna kami di kota Sorong, Papua Barat, menikmati streaming video seluler kualitas terbaik di Indonesia, diikuti oleh pengguna di Ambon Kepulauan Maluku, dan di kota Jayapura, Papua. Ketiganya berada di kategori peringkat Sangat Bagus,” tulis Open Signal.

Selanjutnya untuk Pulau Jawa, kota Bekasi memiliki kualitas streaming video terbaik dibandingkan kota-kota lain di Pulau Jawa. Kota Bekasi memiliki 60,3 poin atau lebih tinggi dari kota-kota besar seperti Surabaya, Bandung, dan Jakarta.

“Pencetak poin terbanyak di Jawa adalah kota Bekasi dengan 60,3 poin dan berada di urutan 19, diikuti oleh Surabaya dan kota Bandung yang berada di urutan ke-22 dan ke-26,” tambah OpenSignal.

Kualitas internet Indonesia

OpenSignal juga menganalisa mengapa kota-kota yang memiliki kualitas internet yang lebih baik dari Jakarta ataupun pulau Jawa. Diduga karena kota-kota tersebut dikuasai oleh Telkomsel yang memilki jaringan luas hingga ke timur Indonesia.

{Baca juga: Telkomsel Borong Enam Penghargaan dari Opensignal}

“Telkomsel satu-satunya operator Indonesia yang mencapai peringkat memiliki tingkat kualitas streaming video yang baik di tingkat nasional dan peringkat sangat Bagus di tingkat regional,” tulis OpenSignal. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI