Konsorsium Mobil Jerman Sepakati Pembelian Nokia HERE

Nokia HERE Maps in carJAKARTA – Minggu lalu kami telah mengabarkan bahwa Uber mundur dari perburuan Nokia HERE, karena iming-iming uang 3 miliar dolar tidak berhasil membuat Nokia mau melepas layanan pemetaannya itu. Dengan mundurnya Uber, maka kini konsorsium otomotif Jerman menjadi kandidat terkuat sebagai pembeli Nokia HERE.

The Wall Street Journal melaporkan bahwa pihak konsorsium otomotif Jerman yang terdiri dari Mercedes-Benz, BMW, dan Audi akan segera menandatangani kesepakatan pembelian dengan pihak Nokia.

Jika semua berjalan sesuai rencana, kesepakatan ini diperkirakan akan dapat rampung dalam beberapa hari mendatang. Kabarnya pihak konsorsium produsen mobil Jerman akan membayar USD 2,7 miliar atau sekitar Rp 3,5 triliun untuk bisa membeli HERE. Jika laporan ini benar, maka jumlah uang yang disodorkan lebih rendah daripada yang ditawarkan Uber sebelumnya, yakni USD 3 miliar atau sekitar Rp 3,9 triliun.

Laporan tersebut juga menambahkan bahwa jika kesepakatan itu berhasil, maka pihak konsorsium produsen mobil Jerman berharap bisa merangkul produsen mobil lain di seluruh dunia, seperti Fiat, NV, Renault, Peugot, Citroen, Ford, Toyota, dan General Motors untuk membantu berinvestasi dalam pengembangan teknologi pemetaan tersebut.

Seperti diketahui, ketiga perusahaan otomotif papan atas tersebut sedang mempelajari otomasi transportasi (mobil tanpa pengemudi) di masa mendatang. Rencana ini untuk mengantisipasi ambisi beberapa perusahaan teknologi, seperti Google, Apple, dan bahkan Uber yang disebutkan akan merilis mobil tanpa pengemudi berbasis Android atau iOS yang bisa digunakan semua orang.[HBS]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here