Kominfo Putuskan Telkomsel Tetap di Kanal 4 dan 5

Jakarta – Setelah sempat menjadi bahan perdebatan soal rebutan kanal 3G di frekuensi 2.1 GHz, akhirnya Kementerian Kominfo memutuskan Telkomsel tidak harus pindah kanal, dan tetap menempati kanal 4 dan 5 seperti semula.

Keputusan tersebut disampaikan Menkominfo, Tifatul Sembiring dalam keterangannya hari ini, Rabu (14/12). Disebutkan, keputusan pembagian kanal ini sudah ditandatangani Menkominfo.

Dengan keluarnya keputusan tersebut, Telkomsel tidak perlu pindah kanal karena tetap menempati posisinya semula di blok 4 dan 5. Sementara Axis yang semula sempat diributkan karena rebutan posisi kanal dengan Telkomsel, akan mendapatkan kanal kedua yang contigous (berdampingan) di blok 2 dan 3.

Sedangkan operator Tri, akan mendapat tambahan second carrier di blok 6. Sementara Indosat dan XL tidak ada perubahan, tetap diposisinya saat ini. Indosat menempati blok 7 dan 8, sedangkan XL pada posisi kanal 9 dan 10.

“Semua operator sudah menandatangani kesepakatan yang berarti menyetujui rencana skema dari pemerintah yang akan menata ulang kanal 3G. Dan dengan demikian akan membuka peluang penambahan 3rd carrier di awal tahun 2012 ini,” tutur Tifatul, dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (14/12).

Tifatul berharap, dengan selesainya penataan 2nd carrier di kanal 3G ini,  penataan kanal-kanal frekuensi yang lain akan segera dapat dilanjutkan. Kami ingin segera bisa merapikan semua frekuensi yang ada saat ini. Karena penting untuk alokasi kanal baru bagi penggunaan teknologi lanjutan, seperti misalnya untuk TV Digital, LTE, dll,” jelas Menkominfo.[hbs]{jcomments on}

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -