Kominfo akan Minta BlackBerry Jelaskan Soal BBM Down

Menkominfo, Tifatul Sembiring
Menkominfo, Tifatul Sembiring

Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring menyatakan akan meminta penjelasan pihak BlackBerry terkait permasalahan layanan BlackBerry Messenger (BBM) yang sempat mengalami gangguan beberapa hari lalu.

“Kami sudah mendengar bahwa layanan BBM sedang bermasalah, di media dikabarkan bahwa server yang berada di Singapura sedang down. Namun, kami akan meminta penjelasan dari pihak BlackBerry langsung,” ujar Tifatul di sela acara peluncuran program uang elektronik 3 operator di Jakarta, Rabu (15/05).

Seperti diketahui, pada 12 Mei 2013 lalu, layanan BBM telah mengalami gangguan di sejumlah negara Asia Pasifik, sehingga mengakibatkan layanan tersebut tak dapat digunakan.

Namun, Kominfo belum bisa memastikan apakah dengan kerapnya BBM bermasalah tersebut, akan bisa mendesak pihak BlackBerry menempatkan servernya di Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar lebih bisa dimonitor.

“Sebenarnya masalah server ini sudah di atur dalam PP Nomor 82 tahun 2012. Dalam PP tersebut sudah mewajibkan semua perusahaan asing harus membuka Data Center-nya di Indonesia,” jelasnya.

Menurut menteri yang suka berpantun ini, pihaknya akan mencari waktu yang tepat untuk menanyakan soal masalah ini ke BlackBerry. Karena sekarang waktunya kurang pas karena pihak BlackBerry sendiri sedang mengalami kendala internal.

“Kita biarkan saja dulu, karena mereka juga sedang mengatasi kendala internal. Tetapi kita akan mendesak dan meminta penjelasan hal terkait secara detail kepada mereka nanti,” imbuhnya. (WNH/HBS)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0