telset

Kolaborasi Indosat dan XL Hidupkan RBT

Jakarta – Untuk membangkitkan kembali animo pelanggan kepada layanan RBT (ring back tone) yang sempat ‘mati suri’, operator XL dan Indosat meluncurkan program Pesta RBT dan iRing melalui single access UMB *919#.

Kerjasama kedua operator ini melibatkan 12 perusahaan rekaman. Melalui kerjasama ini, diharapkan industri konten digital, terutama musik digital akan bisa segera recovery ke kondisi sebelum Surat Edaran (SE) BRTI itu diterbitkan.

Seperti diketahui, setahun setelah adanya SE BRTI menyusul kasus pencurian pulsa atau yang dikenal dengan “Black Oktober”, industri content digital terus berusaha untuk meningkatkan animo masyarakat terhadap layanan Value Added Service, salah satunya layanan RBT dan iRing.

“Program Pesta RBT dan iRing ini dibuat untuk mendukung dan membangun industri musik digital untuk lebih cepat kembali ke kondisi semula dan meningkatkan animo masyarakat atas layanan RBT dan iRing,” kata Joy Wahjudi, Direktur Marketing XL saat acara peluncuran di Jakarta.

Dengan adanya satu kode akses, lanjut Joy, diharapkan pelanggan akan lebih mudah untuk menikmati layanan RBT dan iRing, tentunya dengan tetap memperhatikan segi transparansi dan keamanan bagi pelanggan. “Seluruh pelaku bisnis musik digital masih commit untuk memberi yang terbaik kepada pelanggan,” ucapnya.

Sementara itu Erik Meijer, Director & Chief Marketing Officer Indosat mengatakan, inisiatif Indosat dan XL meluncurkan program ini tidak hanya untuk menjawab kebutuhan masyarakat, namun juga untuk menumbuhkan kembali kepercayaan masyarakat.

“Kami ingin menghadirkan kembali  layanan ini dengan lebih berkualitas, mudah dan aman sehingga masyarakat dan pelanggan merasa lebih nyaman dan tidak ragu-ragu lagi dalam menggunakan layanan ini,” ujar Erik.

Dijelaskan GM Content & Application XL Axiata Revie Sylviana Andriani Dewi bahwa, mereka coba menawarkan kemudahan dalam berlangganan RBT sekaligus berusaha menghapuskan penilaian negatif tentang layanan konten premium.

Jika dulu kode untuk RBT setiap operator berbeda-beda, maka dengan kerjasama ini sekarang Indosat dan XL menggunakan satu kode akses (single code) untuk RBT. Hal ini dimaksudkan agar lebih mengefisienkan biaya operasional dan meningkatkan kenyamanan bagi pelanggan.

“Dulu waktu multi short code pelanggan susah mengingat short code, sekarang kami menggunakan single code *919# khusus RBT lewat UMB masing-masing,” jelasnya.

Sebanyak 12 partner record labels berpartisipasi dalam program ini. Kedua belas perusahaan itu adalah, Pelangi Musik, Universal Music Indonesia (UMI), Aquarius, Emotion, Warner Music Indonesia, Sony Music, Musica, Alfa Records, Virgo, Nagaswara, Trinity, dan Sani Music. [hbs]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0