telset

Kodak Tuduh RIM dan Apple Langgar Hak Paten

Jakarta –Perusahaan kamera asal Amerika Serikat ini harus menerima kekalahan menghadapi Apple dan Research in Motion (RIM) mengenai hak paten teknologi digital image-preview.

Sengketa ini telah berjalan cukup panjang. Kodak telah mengajukan kasus ini sejak Januari 2010. Dan pada akhirnya, Komisi Perdagangan Internasional (ITC) Amerika Serikat menemukan klaim yang diajukkan Kodak tidak valid.

Hakim memutuskan Apple dan RIM tidak melanggar hak paten milik Kodak. Bila hak paten itu valid, maka iPhone 3G dan ponsel BlackBerry harus membayar royalti milik Kodak, sementara iPhone 3Gs dan iPhone 4 tidak melanggar hak paten. Demikian yang Telsetnews kutip dari nytimes, Selasa (24/7).

Kodak telah memaksa Apple dan RIM untuk membayar biaya lisensi atas penggunaan metode pengambilan gambar. Kedua perusahaan yang dituntut ini dituduh menerapkan metode preview gambar milik Kodak tanpa izin.

Apple pun disebutkan telah berhutang Kodak sebesar USD 1 milyar. CEO Kodak, Antonio Perez, mengatakan perusahaannya akan mendapatkan uang damai tersebut bila berhasil memenangkan kasus. Usaha ini dilakukan untuk menyelamatkan perusahaan yang bangkrut sekaligus menaikkan nilai paten yang dimiliki Kodak. [lkh/hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0