Keren! Tempat Sampah Pintar Ini Bisa Kurangi Limbah Makanan

Tempat Sampah Pintar

Telset.id, Jakarta – Sebuah perusahaan di Inggris membuat tempat sampah pintar yang dapat mengurangi limbah makanan. Bernama Winnow Vision, tempat sampah ini menggunakan kamera dan didukung oleh teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI) untuk mengenali dan melacak makanan yang dibuang.

Idenya adalah, tempat sampah pintar tersebut akan membantu dapur komersial mengurangi jumlah bahan yang mereka beli agar tidak mubazir. Dengan demikian, mereka dapat lebih menghemat uang tanpa menyia-nyiakan makanan.

Dilansir dari Metro, Minggu (24/03/2019), limbah makanan merupakan masalah lingkungan di seluruh dunia. Menurut sebuah penelitian dari Waste and Resources Action Programme (Wrap), sebanyak 1,9 juta ton makanan dan minuman terbuang oleh industri makanan di Inggris.

{Baca juga: Keren! IKEA Rilis Kapal “Anti Buang Sampah Sembarangan”}

Makanya, tempat sampah ini dinilai mampu mengurangi masalah tersebut. Winnow Vision sendiri telah diuji di sejumlah dapur, termasuk di 23 restoran IKEA.

Machine learning yang ditanamkan ke tempat sampah ini akan mengenali makanan yang dibuang. Selama awal masa pengujian, tempat sampah ini akan dibantu oleh staf dapur untuk mengidentifikasi item dari menu.

Menurut Kepala Eksekutif Winnow, Marc Zornes, selama ini banyak orang tak sadar telah membuang makanan lebih dari yang mereka pikirkan. Dengan alat ini, selain dapat menghemat biaya belanja, juga dapat memperbaiki lingkungan.

Ia menilai, alat ini akan belajar dan meningkatkan kemampuan setiap kali digunakan. Winnow Vision memiliki kemampuan untuk mengatasi limbah makanan dalam skala global.

{Baca juga: Wow! Di Negara Ini, Truk Sampah Sudah <i>Autonomous</i>}

“Di IKEA, kami ingin menginspirasi dan memungkinkan banyak orang untuk mengubah perilaku mereka ketika menyangkut limbah makanan, mulai dari operasi kami sendiri,” ujar manajer makanan di IKEA UK dan Irlandia, Lorena Lourido.

“Winnow Vision sekarang telah dipasang di 23 toko Ikea UK dan Irlandia dan sejauh ini respon dari tim makanan Ikea yang mengelola dapur restoran kami sangat positif, ” tambahnya. (BA/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here