Keren, Begini Konsep Eskalator Bandara Masa Depan

Telset.id, Jakarta – Seorang desainer industri bernama Ashish Thulkar, dari Bengaluru, membuat sebuah konsep eskalator bandara masa depan yang ia beri nama Aerochk on Imaginactive.

Konsep desainnya ini memungkinkan para penumpang pesawat melakukan check-in, pemeriksaan keamanan dan imigrasi, kurang dari satu menit.

Menurutnya, check-in, pemeriksaan keamanan dan imigrasi dapat menyebabkan stres di masa depan. Ini merupakan proses yang menjenuhkan, namun harus dilewati.

Untuk mengatasi hal tersebut, dia membuat sebuah konsep berupa desain eskalator yang dapat menyelesaikan tiga langkah ini dalam waktu kurang dari satu menit.

{Baca juga: Percepat Proses Boarding, Maskapai Inggris Pakai Face Recognition}

“Keterlambatan yang disebabkan lamanya pemeriksaan keamanan bandara dan check-in telah mengakibatkan jutaan penumpang di seluruh dunia, kehilangan penerbangan mereka,” katanya.

Dia menuturkan, penumpang pesawat yang bepergian secara teratur dapat menghabiskan waktu berjam-jam hanya bisa melewati pos pemeriksaan manual yang dapat menyebabkan frustrasi.

“Kami percaya bahwa adalah mungkin untuk meningkatkan proses penyaringan di pusat-pusat transportasi menggunakan teknologi dan infrastruktur yang ada,” katanya.

Dengan konsepnya, penumpang tak perlu lagi mengantre untuk pemeriksaan keamanan. Para wisatawan dapat memasuki Aerochk terdekat sembari menuju ke gerbang boarding.

Penumpang akan meletakkan paspor mereka di sisi kiri eskalator dan barang bawaan mereka di sebelah kanan, sehingga memungkinkan keduanya diperiksa secara bersamaan.

Sistem pengenalan wajah akan mengkonfirmasi foto paspor dengan penumpang. Sementara ‘perangkat khusus’ lainnya akan memeriksa dokumen perjalanan dan validitasnya sebelum terbang.

Sementara itu, di sisi lain eskalator, tas akan dipindai untuk mencari apakah ada barang berbahaya atau terlarang yang akan diselundupkan, sebelum dilewatkan ke dalam cargohold.

{Baca juga: Upss! Gara-gara Bau Badan, Pesawat Mendarat Darurat}

“Teknologi untuk mencapai jenis check-in yang cepat dan efisien ini sudah ada. Bahkan, versi lain dari sistem Aerochk juga dapat dirancang dan diadaptasi untuk anak-anak, orang cacat, wanita hamil, dan lain-lain,” imbuhnya.

Konsep yang ia tawarkan ini terbuka untuk diperdebatkan. Tetapi jelas bahwa kita semua dapat memperoleh manfaat dari konsep ini, agar lebih cepat dan lebih mudah. Namun, belum jelas kapan,Thulkar berencana untuk mewujudkan visinya ini menjadi kenyataan. [BA/HBS]

Sumber: Mirror.co.uk

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI