telset

Keon dan Peak Bakal Jadi Jagoan OS Firefox

Keon dan Peak
Keon dan Peak

Jakarta – Setelah menyempurnakan sistem operasi buatannya Firefox OS, Mozilla kini mengumumkan kemitraannya dengan GeeksPhone untuk menghasilkan sepasang perangkat pengembang yang akan menjalankan OS buatannya tersebut.

Dua perangkat ini akan diberi nama Keon dan Peak yang dikembangkan Geeksphone dan Telefonica.  Mozilla berharap dengan ponsel ini pengembang bisa membuat, menguji, dan mencoba aplikasi, widget, hingga layanan yang bisa dijalankan dalam sistem operasi mobile terbuka tersebut.

Seperti yang telsetNEws kutip dari BGR, Rabu (23/1), Keon merupakan ponsel berlayar 3,5 inch HVGA yang dibekali dengan prosesor 1GHz, 4GB ROM dan 512 MB RAM, kamera 3 megapixel, dukungan microSD, baterai 1580 mAH. Ponsel ini dapat digunakan untuk jaringan 2G dan 3G.

Sementara Peak memiliki spesifikasi yang lebih tinggi. Ponsel ini menawarkan prosesor dualcore 1.2 GHz dan layar QHD seluas 4.3 inch. Kamera 8 megapixel juga disebut akan melengkapi aksinya.

Firefox OS sendiri adalah sistem operasi yang dikembangkan Mozilla berbasis HTML5. Proyek ini didukung beberapa perusahaan di bidang ponsel seperti TCL dan ZTE. Beberapa operator seluler pun diketahui terlibat dalam proyek ini, seperti Telefonica, Deutsche Telekom, Etisalat, dan lain-lain.

Perangkat berbasis Firefox OS direncanakan akan diluncurkan secara komersial di tahun 2013 pertama kali oleh Vivo, anak perusahaan Telefonica di Brazil.

Untuk perangkat ponselnya, Mozilla hingga kini belum mengungkapkan harga ponselnya tersebut. Namun, Mozilla berharap perangkat pertama yang mengembangan sistem operasi buatannya ini bisa diperkenalkan pada bulan Februari. Bagaimana debut kedua ponsel ini? Kita tunggu saja tanggal mainnya. [lkh/hbs]

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0