Kembali ke Pasar Ponsel, Nokia Rekrut Para ‘Veteran’

Telset.id, Jakarta – Nokia nampaknya ingin benar-benar siap tempur saat memutuskan kembali ke pasar ponsel. Beberapa “veteran” Nokia pun dipanggil pulang untuk membantu mengembalikan kejayaan perusahaan yang bermarkas di Finlandia itu.

Seperti diketahui, langkah Nokia kembali ke pasar ponsel dimulai dengan pembentukan perusahaan baru bernama  HMD Global Oy. Perusahan yang baru didirikan dan berbasis di Finlandia ini dipimpin Arto Nummela sebagai CEO, seorang executive senior Nokia di masa lalu dan saat ini mengelola sebagian besar divisi ponsel Microsoft.

[BACA JUGA: Nokia is Back! Siap Hadirkan Tablet dan Smartphone Android]

Setelah ditunjuk sebagai CEO, Nummela segera memanggil para kompatriotnya eks punggawa Nokia yang kini banyak tersebar di perusahaan-perusahaan teknologi raksasa dunia. Salah satu veteran yang dipanggil pulang adalah Pekka Rantala. Mantan SVP Marketing Nokia ini ditunjuk sebagai Chief Marketing Officer HMD Global Oy.

Nama Rantala sendiri sudah tak asing lagi bagi Nokia, karena selama 17 tahun ia menduduki beberapa jabatan penting di Nokia. Dia juga sempat bergabung dengan Rovio, developer game populer Angry Birds sebagai CEO pada tahun 2015.

Para punggawa eks Nokia diharapkan dapat membantu memperkuat HMD, perusahaan baru yang telah menandatangani kesepakatan lisensi eksklusif dengan Nokia pada Mei lalu. Perusahaan ini yang nantinya akan membawa Nokia kembali ke pasar ponsel.

HMD dikabarkan menyuntikkan dana USD 500 juta untuk pemasaran global selama tiga tahun ke depan. Dana tersebut akan digunakan untuk merevitalisasi nama Nokia, yang beberapa tahun belakangan ini mati suri.

[BACA JUGA: Inikah Ponsel Pertama Nokia Setelah Comeback]

Nokia sendiri sempat berjaya sebagai produsen ponsel terbesar di dunia sekitar tahun 90-an hingga awal tahun 2000. Hegemoni Nokia berakhir setelah munculnya era smartphone, karena kalah bersaing dengan Apple dan Samsung.

Karena semakin terpuruk, Nokia akhirnya menjual seluruh bisnis handset kepada Microsoft pada tahun 2014, dan selanjutnya memilih untuk fokus pada bisnis peralatan jaringan telekomunikasi. Sayangnya, Microsoft hingga kini masih belum mampu mengembalikan pamor Nokia.

Kini HMD yang akan coba membawa kembali Nokia ke pasar smartphone, tapi tentu tidak dengan Symbian ataupun Windows Phone. Nokia akan menghadirkan smartphone dan tablet berbasis Android.

Perangkat Nokia nantinya akan diproduksi dan didistribusikan oleh FIH Mobile, anak perusahaan dari Foxconn Technology yang dikenal sebagai rekanan manufaktur Apple dalam memproduksi iPhone dan juga iPad.

[BACA JUGA: Foxconn Produksi Ponsel Nokia dengan Kamera dari Graphene]

Sayang pihak HMD masih bungkam soal kapan smartphone Android Nokia yang mereka kembangkan akan mulai dirilis ke pasaran. Well, apakah para “veteran” yang pulang kandang ini mampu mengembalikan hegemoni Nokia? Masih harus dibuktikan.[HBS]

 

SourceReuters

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -