Kejahatan Cyber Merajalela, CIA Bikin Unit Khusus

Hacker nyolongJAKARTA – Tahun baru sepertinya tak hanya dimanfaatkan sebagian orang untuk membuat resolusi bagi dirinya. Central Intelligence Agency atau CIA (badan intelijen AS) pun konon mencoba melakukan hal yang sama. Menurut Direktur CIA, John Brennan, perubahan besar akan dilakukan di tubuh CIA, dalam 70 tahun terakhir. Dan perubahan itu adalah, berupa fokus lebih pada penanganan atau operasi cyber dan inovasi digital.

Seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (7/3/2015), Brennan mengatakan bahwa dirinya akan menciptakan unit baru dalam CIA yang disebut “mission centers”. Unit ini ditujukan untuk berkonsentrasi pada tugas khusus atau tugas di wilayah khusus, misalnya pembebasan senjata atau di Afrika.

Tak hanya itu, Brennan juga mengatakan bahwa ia akan mendirikan Direktorat Inovasi Digital, untuk meningkatkan upaya memanfaatkan teknologi cyber dalam rangka pengumpulan informasi.

Sebelumnya, memata-matai menggunakan teknologi elekronik telah dilakukan oleh badan mata-mata AS, National Security Agency (NSA). tapi CIA kini merasa perlu untuk melakukan reorganisasi seiring dengan percepatan perubahan teknologi yang terjadi.

Brennan mengatakan, direktorat baru ini akan memiliki status setara dengan empat direktorat yang sudah ada sebelumnya. Upaya Brennan ini menuai komentar positif, walaupun beberapa veteran CIA menilai upaya ini akan menuai friksi antaragen ke depannya. [AI/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI