Karikatur Tsunami Bermasalah Tuai Protes di Facebook

Jakarta – Surat kabar berbahasa melayu di Malaysia, Berita Harian, menuai protes atas ilustrasi karikatur yang menggambarkan tragedi tsunami Jepang yang dimuat di laman koran tersebut. Protes keras banyak dilakukan pembaca melalui situs-situs jejaring seperti Facebook dan Twitter.

Pada laman yang dikeluhkan para pembaca Berita Harian itu ditampilkan pada Minggu (13/3) lalu, memuat gambar karikatur pahlawan Super Ultraman lari tunggang langgang dari serbuan tsunami. Gambar kartun hasil karya Mohamad Zohri Sukimi itu diprotes karena dianggap tidak sensitif terhadap tragedi yang menewaskan ribuan orang tersebut.

Surat kabar itu menyebutkan, pihaknya telah menerima banyak sekali telepon dan keluhan melalui jejaring sosial atas kartun itu. Memalukan,” tulis seorang pembaca bernama Mohammed Azreen dalam kolom komentar di laman Facebook milik Berita Harian. “Pecat kartunis. Mengapa Anda bisa mempermaikan hal seperti itu, tulis Facebookers lainnya.

Dan tidak cuma para pembaca koran tersebut yang protes lewat situs jejaring sosialnya, tapi para politikus negeri jiran itupun ikut-ikutan berkicau lewat akun Twitter mereka untuk memprotes gambar karikatur bermasalah itu. Sama sekali tidak sensitif terhadap warga Jepang,” tulis Khairy Jamaluddin dari partai berkuasa Pertubuhan Kebangsaan Melayu Bersatu (UMNO) dalam akun Twitter-nya.

Mendapat gelombang protes dari pembacanya, pihak koran Berita Harian segera menerbitkan permintaan maaf sepanjang enam paragraf yang dicetak di halaman depan koran tersebut edisi Senin (14/3) ini.

Kami tidak bermaksud untuk bercanda atau menunjukkan ketidaksensitifan kami terhadap bencana pada Jumat lalu,” kata surat kabar tersebut. “Kami merasa sedih atas warga Jepang yang telah kehilangan anggota keluarga dan barang berharga.”

Kalimat selanjutnya ditulis, ”Ilustrator kami juga ingin meminta maaf atas karikatur yang telah menciptakan kontroversi. Kami sangat bersimpati dengan tragedi itu dan sekali lagi ini meminta maaf atas keluhan akibat dari publikasi karikatur tersebut. [hbs]{jcomments on}

Previous articleProlink TW 8 Unjuk Gigi
Next articleBulan April, XL Dipastikan Jual iPhone 4

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here