Kapsul Crew Dragon Milik SpaceX Sukses Kembali ke Bumi

Telset.id, Jakarta – Kapsul Crew Dragon berhasil kembali ke Bumi pada Jumat (8/3/2019), setelah melakoni uji penerbangan selama enam hari di luar angkasa. Keberhasilan ini secara tidak langsung membuktikan bahwa SpaceX selangkah lebih maju dibanding Boeing.

Badan antariksa Amerika Serikat, NASA, mengonfirmasi bahwa sekitar pukul 02.30 waktu setempat kapsul Crew Dragon terlepas dari stasiun luar angkasa. Crew Dragon terus berputar melalui orbit dan membakar pendorong empat kali untuk turun secara bertahap.

Pembakaran terakhir berlangsung sekitar 15 menit sehingga membantu kendaraan untuk secara aman melewati atmosfer tebal Bumi. Saat kembali ke Bumi, kapsul Crew Dragon mengerahkan beberapa parasut untuk mengerem kecepatan.

{Baca juga: NASA Peringatkan SpaceX soal Keselamatan Peluncuran Astronot}

Parasut berhasil memperlambat arus kapsul di udara dan menyebar di Samudera Atlantik sekitar pukul 08.45 waktu setempat. Sebuah kapal pemulihan, yang disebut Go Searcher, menunggu di laut untuk mengangkut kapsul ke luar air menggunakan crane.

Seperti dikutip Telset.id dari CNN, Minggu (10/3/2019), Go Searcher juga dilengkapi empat medis dan landasan helikopter. Jadi, saat dalam masalah, para awak siap untuk keadaan darurat. Semua dirancang dengan memperhatikan keamanan.

{Baca juga: Waduh! Roket SpaceX Bisa Terbakar Gara-gara Kotoran Burung}

Kapsul Crew Dragon diluncurkan di atas roket Falcon 9 milik SpaceX pada pekan lalu dengan membawa sekitar 400 pon persediaan untuk International Space Station (ISS) atau satelit luar angkasa. Ada pula boneka tiruan astronot bernama Ripley.

Di atas kapsul Crew Dragon terdapat zero-g indicator atau globe mewah yang dikenal sebagai Little Earth. Gunanya untuk menunjukkan saat Crew Dragon memasuki microgravity. SpaceX pun selangkah lebih dekat untuk menerbangkan manusia. [SN/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here