Kocak! Kamera AI Anggap Kepala Botak Wasit Sebagai Bola

Telset.id, Jakarta  – Operator kamera mungkin tidak akan kesulitan memonitor pertandingan sepak bola di lapangan. Tapi, bagaimana jika memakai kamera AI yang dikendalikan oleh kecerdasan buatan?

Di Skotlandia, ada kasus unik di laga sepak bola yang melibatkan kamera berteknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Kamera AI tersebut tak mampu membedakan antara bola di lapangan dan kepala.

{Baca juga: Aplikasi AI Ini Bisa Deteksi Covid-19 dari Suara Batuk}

Lucunya, seperti dikutip Telset dari Ubergizmo, Selasa (3/11/2020), kepala yang dianggap sebagai bola oleh kamera AI adalah kepala botak sang wasit. Kamera tu pun kerap tak fokus mengikuti ke mana bola bergerak.

Kamera AI sering menyorot pergerakan wasit atau lebih tepatnya hakim garis yang berkepala pelontos.Kkomentator pertandingan bahkan sampai meminta maaf atas nama kamera karena tayangan terganggu.

Meski demikian, kinerja tak sempurna kamera tersebut masih bisa dimaklumi mengingat baru dalam tahap pengembangan awal. Dengan kata lain, kekacauan seperti itu masih terus terjadi dari waktu ke waktu.

Para pencinta sepak bola berharap kamera dengan kecerdasan buatan yang memonitor pertandingan sepak bola bisa segera bekerja secara sempurna. Dengan demikian, kesalahan membaca objek seperti halnya kasus di Skotlandia tak terulang.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga HP Terbaru 2020}

Kalau penasaran bagaimana kamera AI beberapa kali keliru menganggap kepala botak wasit sebagai bola, Anda dapat melihat video yang ada di bawah artikel ini. Anda akan melihat kamera bergeser ke kepala sang wasit.

Sebelumnya para peneliti di Massachusetts Institute of Technology atau MIT juga menciptakan kamera AI yang bisa melihat cuma pakai bayangan. Hal mustahil itu kini bukanlah sesuatu yang mustahil lagi.

Para peneliti telah mengembangkan algoritma AI pada kamera yang mereka kembangkan. Bagaimana cara kerjanya?

Pada dasarnya, algoritma Artificial Intelligence atau AI bekerja bergantung kepada bayangan yang kemudian digunakan untuk memprediksi apa yang terjadi di sudut tanpa benar-benar melihatnya.

{Baca juga: Kamera AI Ini Bisa Melihat Cuma Pakai Bayangan}

Algoritma kecerdasan buatan memprediksi transportasi cahaya, yang pada dasarnya adalah untuk mengatakan bagaimana cahaya bergerak dalam sebuah pemandangan. Dari situ, algortima akan memprediksi apa yang terjadi.P

Peneliti menampilkan video yang direkonstruksi sangat buram dan tidak mungkin untuk mengetahui apa yang sebenarnya bergerak. Faktanya, pergerakan memperlihatkan akurasi menakjubkan.

https://www.ubergizmo.com/2020/11/ai-camera-mistakes-bald-head-soccer-ball/

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -