Kairos Watch, World First Mechanical Smart Watch Hybrid

watch_large_noReflection_msw_gold_01Jakarta – Jam tangan pintar tak melulu tentang fitur dan desain futuristik. Tidak juga tentang digitalisasi penunjuk waktu dan ornamen yang ada di dalamnya. Inilah yang coba disuarakan Kairos melalui jam tangan yang dijulukinya sebagai mechanical smart watch hybrid.

Sesuai sebutannya, jam tangan pintar kembangan Kairos ini memadukan unsur mekanik yang ada pada jam tangan konvensional dengan unsur digital khas jam tangan pintar. Fitur yang diberikannya pun tak kalah dengan Moto 360 milik Motorola ataupun G Watch kepunyaan LG.

Yup, jam tangan Kairos punya kemampuan untuk menampilkan notifikasi SMS, Facebook, Twitter, WhatsApp, Email dan juga panggilan masuk. Jam Kairos bahkan bisa digunakan sebagai remote kontrol untuk memutar musik, mengambil gambar, hingga mengirim pesan text preset yang ada di smartphone Anda. Tak ketinggalan teknologi GPS dan aplikasi fitness untuk mengukur berapa banyak kalori yang terbakar dalam setiap aktifitas Anda.

Semua fitur tersebut ditampilkan di atas layar bulat transparan yang ada di atas mesin jam mekanik. Notifikasinya seperti melayang di permukaan crystal sapphire glass. Sehingga, saat tak ada notifikasi masuk, jam tangan Kairos tak ubahnya jam tangan mekanik yang sangat artistik.

Secara umum, ada dua komponen utama dalam jam tangan pintar ini. Komponen pertama adalah smart watch dan komponen lainnya adalah jam tangan mekanik. Untuk komponen smart watch, Kairos menggunakan layar TOLED RGB dengan transparansi 40% dan 60%, sensor sentuh, 3 axis accelerometer dengan gesture detection, gyroscope, prosesor Arm Cortex M4/Intel (TBD), Sistem operasi Kairos (Android Wear OS untuk opsi lainnya), USB charging, dan baterai berkapasitas 180 mAh (5-7 hari). Sedangkan untuk komponen jam mekanik, Kairos menggunakan Miyota 82S7, 21 permata, Automatic Movement untuk seri Kairos MSW 115, atau Soprod A10BV-2 Swiss Automatic Movement dengan 25 permata untuk seri SSW 158.

Untuk material jam, Kairos menggunakan 316L Stainless steel, genuine leather band, dan cristal shappire glass. Kairos juga menyediakan varian berlapis emas baik untuk seri MSW 115 maupum seri SSW 158. Selain itu, semua variannya juga sudah dilengkapi dengan kemampuan tahan terhadap air dengan kedalaman hingga 30 meter.

Saat ini, jam tangan “hybrid” ini memang belum tersedia di pasaran. Tapi Kairos melalui situs kairoswatches.com, menyediakan layanan pre order dengan waktu pengiriman barang antara Desember 2014 sampai Maret 2015 (tergantung type). Untuk type MSW 115 Metal bisa di order dengan harga USD 499 (harga jual resmi USD 1199), untuk MSW 115 Gold dibandrol USD 649 (harga resmi USD 1399), untuk SSW 158 Metal seharga USD 989 (harga resmi USD 1989), dan SSW 158 Gold bisa di order dengan harga USD 1199 (harga resmi USD 2149).

Sekadar catatan, Kairos Watch merupakan salah satu dari sepuluh startup yang bertanding di kompetisi Startup Arena di Startup Asia Singapore 2014 dan mendapat juara kedua. Sam Yang, founder Kairos Watch, mengatakan Kairos tidak menargetkan penggemar smartwatch pada umumnya, melainkan menargetkan horologis – penggemar jam tangan. Jam tangan ini akan dijual di toko-toko jam tangan mewah, bukan di mall yang menjual gadget. (HZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI