Jumlah Pelanggan Naik, ARPU Seluler Indosat Turun 16,6%

Jakarta – Walaupun Indosat berhasil mendongkrak jumlah pelanggan selulernya, namun peningkatan tersebut tidak diikuti oleh rata-rata penggunaan pulsa per pelanggan atau average revenue per user (ARPU) seluler yang justru mengalami penurunan hingga 16,6%.

Dalam paparan laporan kinerja Indosat di Q3 tahun 2011 disebutkan, pelanggan seluler Indosat mengalami pertumbuhan 29,9% atau naik dari 39,7 juta di Q3 tahun lalu, menjadi 51,5 juta pelanggan di periode yang sama tahun ini.

Namun melonjaknya jumlah pelanggan seluler Indosat tidak dibarengi dengan meningkatnya jumlah ARPU untuk layanan selulernya yang mengalami penurunan sangat signifikan. Yakni turun dari Rp 35.310 pada Q3 tahun lalu, menjadi Rp 29.439 di periode yang sama tahun 2011, atau turun 16,6%.

Dengan pencapaian 51,5 juta pelanggan pada akhir triwulan ketiga ini menunjukan respon konsumen terhadap produk kami. Sedangkan menurunnya ARPU bukan masalah besar, karena akan kembali normal setelah pelanggan menikmati perbaikan layanan kami, kata  Presiden Direktur dan CEO Indosat Harry Sasongko dalam paparan Kinerja Indosat di Q3, Jakarta, Senin (31/10).

Penurunan cukup signifikan juga terjadi untuk jumlah pelanggan Indosat untuk layanan wireless broadband. Pelanggan layanan ini turun menjadi 538.400 di Q3 tahun ini, dari 684.300 di Q3 tahun lalu.

Menurunnya layanan data Indosat diklaim Indosat sebagai akibat meleburnya anak usaha IM2 (Indosat Mega Media) menjadi ‘single brand’ dengan Indosat. Selain itu, terjadinya hambatan dalam penyediaan infrastruktur broadband 3G untuk wilayah Jakarta.

“Ada keterlambatan dalam penyediaan perangkat di manufaktur jaringan yang mengakibatkan masalah pada setting sistem kami. Untuk sementara kami harus menggunakan alat yang kualitasnya lebih rendah,” terangnya.

Indosat sendiri dalam laporannya menyebutkan telah membangun tambahan 5,2% perangkat Base Tranceiver Station (BTS) baru untuk 2G dan juga 3G, yakni dari 17.811 BTS menjadi 18.776 BTS.

Sementara untuk layanan FWA Indosat, dilaporkan jumlah pelanggannya terus mengalami penurunan hingga mencapai 60,8%. Yakni dari 722.600 menjadi 283.200 pelanggan. Namun, Indosat tidak terlalu kecewa dengan layanan FWA-nya karena walupun jumlah pelanggannya turun, tetapi ARPU FWA mengalami peningkatan, yakni dari Rp 17.811 menjadi Rp 32.387.[hbs]{jcomments on}

Previous articleTelkomsel Layani Pelanggan Sampai ke Tengah Samudera
Next articleZTE Duduki Peringkat 4 Vendor Ponsel Terbesar Dunia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here