telset

Jual Kantornya di New York, Sony Kantongi Rp 10 Triliun

Sony Head Office

Jakarta – Sony mengambil langkah penghematan dengan cara menjual kantornya yang berada di New York dengan harga USD 1,1 miliar (sekitar 10 triliun rupiah) ke sebuah konsorsium properti dibawah The Chetrit Group.

Kazuo Hirai, CEO Sony mengatakan, bahwa penjualan ini akan selesai dilaksanakan pada bulan Maret 2013 mendatang. Setelah dijual, Sony akan tetap berkantor di gedung tersebut dengan skema leasing ke pemilik baru selama tiga tahun.

Dari penjualan gedung tersebut, Sony akan memperoleh penghasilan bersih sebesar 770 juta dolar, dengan 685 juta dolar di antaranya akan dimasukkan sebagai pendapatan operasi. Demikian seperti dikutip dari Cnet, Sabtu (19/1).

Pendapatan dari hasil penjualan ini dapat dimasukan untuk mengurangi dampak negatif pada laporan keuangan Sony di kuartal ketiga tahun 2013 mendatang. Tak cukup hanya di New York, Sony juga dikabarkan kemungkinan akan melakukan hal yang sama untuk kantornya di Tokyo.

Jika penjualan itu benar-benar dilakukan, maka Sony bisa memperoleh tambahan dana 1,14 miliar dolar untuk menyeimbangkan neraca keuangannya. Sony memang dikabarkan terus melakukan langkah penghematan untuk mengurangi kerugian yang diderita setiap triwulan.

Sebagian orang melihat penjualan kantor Sony di New York sebagai “langkah kerugian”. Namun jika ditelusuri ke belakang, penjualan tersebut justru semacam investasi bagi Sony. Kenapa? Awalnya Sony membeli gedung ini dari AT&T seharga USD236 Juta, lalu kini Sony menjualnya lagi ke inverstor lain seharga USD 1,1 miliyar.

Nah, disinilah kita bisa lihat Sony telah berhasil menarik keuntungan dari ‘investasi’ yang mereka lakukan. Sony diam-diam untung 550% dari hasil investasi tersebut.  Ketika perusahaan lain sibuk hanya memperhatikan kehilangan uangnya, Sony malah sibuk memperbanyak “Sumber Uangnya”. [hbs]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0