Jepang Paling Ramah Lingkungan di Asia-Pasifik, Indonesia?

Telset.id, Jakarta Jepang bisa menjadi barometer untuk merancang sebuah negara yang lebih ramah lingkungan. Hal ini karena mereka berhasil menduduki peringkat pertama negara paling ramah lingkungan menurut survei ValueChampion. Bagaimana dengan Indonesia?

Baru-baru ini lembaga survei, ValueChampion merilis daftar negara yang paling ramah lingkungan di Asia-Pasifik. Hasilnya Jepang berada di urutan pertama.

Sedangkan Indonesia berada di urutan 9. Indonesia kalah bersaing dengan negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Filipina yang berada di urutan 2, 7 dan 8.

Dilansir Telset.id dari Mashable pada Kamis (11/04/2019), survei tersebut juga memberikan skor terkait bagaimana negara-negara tersebut menghasilkan paling sedikit polusi udara, gas rumah kaca dan bagaimana cara mereka menangani limbah.

Secara nilai, Indonesia dan Malaysia serta Filipina sebenarnya tidak jauh berbeda dalam mengatasi masalah lingkungan di negara masing-masing.

{Baca juga: Turbin Bola Ini Bisa Hasilkan Energi Ramah Lingkungan}

Dibawah Jepang terdapat beberapa negara yang cukup menjadi sorotan karena kehandalan mereka untuk menjaga lingkungan. Singapura berada di urutan kedua karena tingkat polusi air dan udara yang rendah. Secara skor poin terkait penanganan energi dan sistem transportasi memiliki nilai yang tinggi.

Sementara itu, Australia dan Korea Selatan berada di bawah mereka. Kedua negara tersebut cukup memperhatikan kondisi lingkungan karena memiliki 60% wilayah hutan.

Sedangkan negara yang berada di peringkat bawah seperti Hong Kong, Filipina, Malaysia, Indonesia, China, India, Vietnam, dan Thailand, tampaknya harus bekerja ekstra untuk merawat lingkungan negara mereka demi dunia yang lebih baik.

{Baca juga: PBB Bahas Gagasan Kota Terapung, Seperti Apa?}

Konsep terkait ramah lingkungan sendiri terus dikembangkan secara global. Baru-baru ini rencana untuk membuat sebuah kota terapung yang ramah lingkungan dan tahan terhadap bencana tsunami serta badai telah diumumkan oleh PBB.

Proyek ini dianggap dapat membantu manusia bertahan hidup ketika terjadi perubahan iklim yang mengancam kehidupan di Bumi. Gagasan kota terapung ini telah dibahas di ruang rapat gedung PBB di New York, minggu ini. [NM/HBS]

Sumber: Mashable

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI