Jepang Krisis Pasokan Barang Elektronik

Tokyo –  Hantaman gempa dan terjangan tsunami yang melanda wilayah pesisir wilayah timur Jepang pada akhir pekan lalu telah melumpuhkan sebagian industri elektronik di Negeri Sakura tersebut.

Seperrti dilansir PC World dan dikutip Telsetnews, Senin (14/3), Jepang pasca bencana tsunami telah mengalami krisis pasokan barang elektronik menyusul serangkaian pemadam listrik di sebagian wilayah timur Jepang yang terimbas bencana tsunami.

Disebutkan, akibat pemadaman listrik di sebagian besar wilayah di bagian timur Jepang itu, maka dipastikan akan menganggu sejumlah produksi barang eletronik ke sejumlah negara. Pemadam itu sendiri terkait rusaknya dua reaktor Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), akibat digoncang gempa dengan kekuatan 9 pada Skala Richter, Jumat (11/3) lalu.

Rusaknya PLTN tersebut mengakibatkan, Tokyo Electric Power telah kehilangan sekitar 27 persen dari kapasitas generasi listrik, dan diperkirakan akan kekurangan kebutuhan sekitar 10 juta kilowatt.

Dikabarkan, sejumlah perusahaan elektronik yang memiliki pabrik di wilayah yang terkena musibah tsunami, telah menghentikan produksinya sejak Jumat (11/3) lalu.

Beberapa perusahaan bahkan telah mengumumkan rencana mereka untuk menghentikan sementara produksinya, seperti misalnya Sony, Toshiba, Panasonic dan Sharp. Pabrik-pabrik ini kebanyakan mengalami masalah untuk mendapatkan komponen karena gangguan ke rantai pasokan mereka.

Raksasa elektronik Jepang, Toshiba, yang memproduksi mikroprosesor dan sensor gambar di wilayah tersebut menyatakan produksi mereka akan mengalami gangguan produksi, menyusul pabriknya telah menghentikan produksi karena tak memiliki pasokan daya mulai akhir pekan lalu.

Kami belum dapat memastikan kapan kami bisa mulai melanjutkan produksi lagi,” kata juru bicara Toshiba Keisuke Ohmori. Hal serupa juga dialami Sony yang memiliki beberapa pabrik di wilayah bencana. Phak Sony belum bisa mengeluarkan informasi resmi kapan mereka akan memulai kembali berproduksi. [hbs]{jcomments on}

Previous articleAXIS Gratiskan Layanan Telepon ke Jepang
Next articleMotorola Xoom, Support Jaringan 4G

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here